PERILAKU HIGIENE PENGAMBILAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KALISARI PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

  • Heryanto Heryanto

Abstract

Latar Belakang: Upaya mencegah dan mengurangi angka kematian akibat penyakit, setiap individu dituntut memiliki kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu melaksanakan kebersihan pribadi sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan. Pekerjaan mengambil sampah rumah tangga di daerah Kalisari memiliki potensi risiko terkena berbagai jenis penyakit akibat kerja yang setiap hari berinteraksi dengan sampah, sehingga perilaku kebersihan individu diperlukan untuk mencegah risiko kegiatan kerja.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teknik penentuan sampel purposive dan bola salju. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan wawancara mendalam dan teknik observasi, sedangkan untuk mendapatkan informasi data yang valid, penelitian ini menggunakan triangulasi data, sumber, dan metode. Dalam upaya untuk mengeksplorasi informasi tentang kebersihan individu, pekerja yang mengambil peneliti limbah rumah tangga menggunakan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah 5 pekerja dengan satu rasi bintang atau data telah mencapai titik jenuh dan tidak berbeda lagi.
Hasil: Dari hasil penelitian tentang kebersihan pribadi pekerja pengumpul sampah, pekerja belum dapat secara definitif memahami pengetahuan kebersihan individu. Sikap pekerja mendukung mendukung kebersihan individu dan beberapa telah menggunakan APD, yaitu sepatu topi yang bagus. Sarana prsarana di tempat kerja, tidak semua pekerja menggunakan atribut kerja yang lengkap, yaitu APD. Petugas Puskermas dalam hal ini petugas sanitasi memberikan konseling dalam upaya memberikan informasi kebersihan pribadi.
Published
2019-01-30
How to Cite
HERYANTO, Heryanto. PERILAKU HIGIENE PENGAMBILAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KALISARI PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 65-75, jan. 2019. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1426>. Date accessed: 22 july 2019. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1426.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.