Kepadatan Lalat dan Hubungannya dengan Diare di Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Kota Depok

  • Terry Y.R. Pristya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fajaria NurCandra
  • Azizah M. Fitri

Abstract

Diare merupakan masalah kesehatan pada balita baik di tingkat global, regional, maupun nasional. Di tingkat global diare menyumbang 16% kematian balita, sedangkan di tingkat regional menyumbang 18% kematian balita. Satu dari tiga penyakit paling penting bagi anak-anak di Indonesia adalah diare, selain infeksi saluran pernafasan atas dan demam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepadatan lalat dengan diare pada balita di sekitar tempat pemrosesan akhir sampah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dengan variabel dependen kasus diare pada balita, variabel independen kepadatan lalat, dan variabel confounder berupa variabel lain yang mempengaruhi terjadinya diare. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang memiliki balita dan bertempat tinggal dengan radius maksimal 1 km dari tempat pemrosesan akhir sampah Kelurahan Cipayung, yaitu Kampung Bulak Barat dan Kampung Benda Barat. Analisis uji statistik dilakukan dengan model regresi logistik ganda. Daerah yang memiliki kepadatan lalat sedang mempunyai risiko 3,3 kali lebih tinggi (95% CI 0,9-11,4) untuk mengakibatkan kejadian diare pada balita dibandingkan dengan daerah yang memiliki kepadatan rendah lalat di sekitar TPA sampah Kota Depok tahun 2018 setelah dikontrol oleh variabel kualitas air, penjamah makanan, imunisasi campak, jumlah keluarga, jamban, perilaku cuci tangan, dan ASI eksklusif.

Published
2019-01-30
How to Cite
PRISTYA, Terry Y.R.; NURCANDRA, Fajaria; M. FITRI, Azizah. Kepadatan Lalat dan Hubungannya dengan Diare di Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Kota Depok. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 9-23, jan. 2019. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1321>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1321.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.