Pengaruh Metode Demonstrasi Pemakaian Masker Terhadap Pengetahuan Bahaya Asap Rokok Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Medan

  • vierto Irennius Girsang Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rismawati Munthe

Abstract

Anak-anak yang terpapar dengan asap rokok akan beresiko untuk mengalami pneumonia namun  lebih  dari  itu  sejak  kecil  mereka  sudah  terpapar  salah  satu  faktor  resiko  utama penyakit kanker terutama kanker paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh metode demonstrasi pemakaian masker terhadap pengetahuan bahaya asap rokok pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian memiliki desain eksperimen one group pretest-posttes control group dengan satu macam percobaan.. Target khusus yang ingin dicapai adalah anak-anak memiliki kemampuan dan keberanian dengan kesadaran sendiri untuk menegur perokok aktif yang merokok disekitarnya dengan pemakaian masker yang berisikan pesan-pesan bahaya asap rokok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di PAUD yang berada di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan dengan besar sampel 100 anak. Data yang didapat akan dianalisa dengan melihat beda mean skor pengetahuan anak sebelum dilakukan eksperimen dan sesudah dilakukan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata  skor pengetahuan anak tentang rokok dan bahaya merokok sebelum diberikan intervensi adalah 32,72 dengan nilai minimum 19 dan nilai maksimum 39 sedangkan  sesudah diberikan intervensi adalah 38,25 dengan nilai minimum 30 dan nilai maksimum 40. Berdasarkan uji bivariate diperoleh hasil ada perbedaan rata-rata skor pengetahauan siswa PAUD tentang rokok dan bahaya asap sebelum dilakukan intervensi dengan sesudah diberikan intervensi didapat nilai p 0,001 dengan besar perbedaan rata-rata sebesar 5,53 point. Disarankan kepada orang tua agar tidak merokok dekat dengan anak-anak dan agar sebisa mungkin berhenti merokok dan kepada pihak sekolah agar menerapkan selalu memeberikan edukasi yang rutin kepada anak tentang bahaya asap rokok dan bahaya merokok.

Published
2018-07-30
How to Cite
GIRSANG, vierto Irennius; MUNTHE, Rismawati. Pengaruh Metode Demonstrasi Pemakaian Masker Terhadap Pengetahuan Bahaya Asap Rokok Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Medan. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 149-162, july 2018. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1248>. Date accessed: 21 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2018.10.2.1248.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.