ISU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (Studi Upaya Meningkatkan Isu Pemberdayaan Perempuan Dalam Perencanaan Pembangunan) ISU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Main Article Content

Sigitsugiarto Sugiarto Sugiarto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap isu pemberdayaan perempuan dan juga mengetahui bagaimana isu pemberdayaan perempuan dapat diintegrasikan dalam dokumen perencanaan pembangunan desa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik  pengambilan informan dengan purposive sampling, dimana peneliti memilih orang-orang yang dianggap tahu dalam permasalahan ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap isu pemberdayaan perempuan sudah cukup baik. Namun demikian, isu Pemberdayaan perempuan yang diintegrasikan dalam dokumen perencanaan pembangunan desa, bukan merupakan hasil dari perencanaan secara bottom up namun dari program pemerintah. Dan dalam pelaksanaannya isu pemberdayaan perempuan yang masuk dalam dokumen perencanaan pembangunan masih sangat minim.


Saran dari penelitian ini adalah dengan kondisi perempuan yang merasa “minder” dan malu apabila dalam satu forum musyawarah bersama laki-laki, sebaiknya Pemerintah Desa Wajasari memfasiltasi kelompok perempuan untuk membuat forum musyawarah khusus perempuan. Selain itu Pemerintah Desa Wajasari juga disarankan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok perempuan, untuk mengatasi kendala kurangnya rasa percaya diri kaum perempuan tampil di depan umum. Dengan pelatihan dan pendampingan juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya keterlibatan mereka dalam pembangunan.

Article Details

How to Cite
SUGIARTO, Sigitsugiarto Sugiarto. ISU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (Studi Upaya Meningkatkan Isu Pemberdayaan Perempuan Dalam Perencanaan Pembangunan). Jurnal Sosial Soedirman, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 26-42, oct. 2020. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/3161>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v4i1.3161.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.