Dampak Motivasi Kewirausahaan Sosial Terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Pengentasan Kemiskinan

Studi Empiris Di Kec. Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

  • Endang Rusdianti Universitas Semarang
  • Sri Purwantini
  • Nirsetyo Wahdi

Abstract

Fenomena yang ada dari kondisi kemiskinan masyarakat menunjukkan masih kurang maksimalnya program pengintegrasian perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Semarang . oleh karena itu penelitian bertujuan untuk membangun sebuah model pengentasan kemiskinan dengan menggunakan variable pemberdayaan perempuan,  kewirausahaan sosial dan motivasi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ungaran Timur Kab Semarang, dengan menggunakan sampel sebanyak 39 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan structural /SEM yang diolah dengan bantuan smartpls versi 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kewirausahaan sosial, kewirausahaan sosial berpengaruh terhadap pemberdayaan perempuan, kewirausahaan sosial berpengaruh terhadap pengentasan kemiskinan ,pemberdayaan perempuan berpengaruh terhadap pengentasan kemiskinan dan variable pemberdayaan perempuan terbukti memediasi pengaruh kewirausahaan sosial terhadap pengentasan kemiskinan.

Published
2019-12-14
How to Cite
RUSDIANTI, Endang; PURWANTINI, Sri; WAHDI, Nirsetyo. Dampak Motivasi Kewirausahaan Sosial Terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Pengentasan Kemiskinan. JUSS (Jurnal Sosial Soedirman), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 16-31, dec. 2019. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/2300>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v3i2.2300.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.