Relasi Kuasa Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Penguasa (Studi Kasus : Praktik Shadow State Gerakan Pemuda Ka’bah Khittah Yogyakarta dalam Pengelolaan Alun-Alun Utara)

  • Alrdi Samsa Universitas Gadjah Mada

Abstract

Studi ini akan memaparkan tentang fenomena shadow state di Yogyakarta. Hal tersebut akan ditelaah lebih dalam dengan melihat organisasi sayap partai PPP, yakni Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) dalam pengelolaan alun-alun utara di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, informan penelitian akan membantu dalam proses pengejawantahan hasil dan diskusi. Hasil penelitian ini menunjukan, pemerintah masih absen dalam penyediaan kesejahteraan bagi masyarakat. Pemerintah pun akan selalu membutuhkan organisasi kemasyarakatan yang nota-bene memiliki basis kekerasan untuk memuluskan setiap aktivitas pembangunan.

Published
2019-07-11
How to Cite
SAMSA, Alrdi. Relasi Kuasa Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Penguasa (Studi Kasus : Praktik Shadow State Gerakan Pemuda Ka’bah Khittah Yogyakarta dalam Pengelolaan Alun-Alun Utara). JUSS (Jurnal Sosial Soedirman), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 53-67, july 2019. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/2022>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v3i1.2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.