E-Monev Dalam Bingkai Reformasi Birokrasi Studi E-monev Keuangan Kabupaten Karangasem Provinsi Bali dalam Implementasi Reformasi Birokrasi

Main Article Content

Muhammad Ali Azhar

Abstract

Rumit dan berbelit-belit, lamban, mahal, dan melelahkan. Itulah kesan pertama yang terungkap ketika menyaksikan sistem pelaporan keuangan yang dilakukan oleh organisasi pemerintahan daerah (OPD) di Kabupaten Karangasem. Dari yang seharusnya dilakukan satu hari bisa dilakukan menjadi berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Untuk memperlancar proses pelaporan/pemantauan tersebut, maka dilakukan upaya Reformasi Birokrasi (RB) dengan mengembangkan sistem dan aplikasi berbasis online yang disebut dengan e-Monev. Tujuan dari penelitian ini pertama, ingin melihat apakah pelaksanaan e-monev keuangan Kabupaten Karangasem provinsi Bali sesuai dengan semangat Reformasi Birokrasi (RB) Kedua, sejauhmana pelaksanaan e-monev keuangan Kabupaten Karangasem memberi dampak positif pada reformasi birokrasi pada setiap OPD Kabupaten Karangasem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara terstruktur yang dilakukan dengan beberapa key informan dari sejumlah OPD Kabupaten Karangasem serta menggunakan pengamatan dokumen dan observasi data di lapangan. Temuan penelitian menyatakan, bahwa e-monev keuangan Karangasem memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap kinerja birokrasi. E-monev memberikan kemudahkan bagi Pemerintah Kabupaten (Baplitbangda) untuk mengendalikan program dan kegiatan baik fisik maupun keuangan. E-monev mempermudah untuk memantau pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Dari yang dulu dilakukan secara manual dengan e-monev menjadi lebih cepat dilaksanakan dan hasilnya bisa kelihatan langsung secara real time.

Article Details

How to Cite
ALI AZHAR, Muhammad. E-Monev Dalam Bingkai Reformasi Birokrasi. Jurnal Sosial Soedirman, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, nov. 2018. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/1452>. Date accessed: 14 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v2i2.1452.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.