DANA DESA SEBAGAI INSTRUMEN PEMBANGUNAN DAERAH

Main Article Content

Paramita Nur Kurniati

Abstract

Artikel ini merupakan studi analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peran Dana Desa sebagai instrumen pembangunan untuk meningkatkan daya saing Desa. Dana Desa diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui program dan anggaran pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dan informasi yaitu penelitian pustaka dan penelaah data sekunder. Data sekunder diperoleh melalui tinjauan kepustakaan serta akses internet. Dana Desa untuk pembangunan desa ditujukan untuk menciptakan lapangan kerja baru, menunjang ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dana desa untuk pemberdayaan masyarakat diwujudkan dalam kehadiran BUMDes yang menyediakan pelatihan dan pemasaran kerajinan masyarakat, pengembangan usaha pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, dan pengembangan kawasan wisata. Dana Desa juga berperan untuk mendorong masyarakat desa agar menjadi kuat, maju, mandiri, berdaya saing tinggi dan demokratis.


Kata Kunci : Dana Desa, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa

Article Details

How to Cite
KURNIATI, Paramita Nur. DANA DESA SEBAGAI INSTRUMEN PEMBANGUNAN DAERAH. Jurnal Sosial Soedirman, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 26-39, july 2019. ISSN 2581-0316. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/juss/article/view/1242>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/juss.v2i2.1242.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.