Tantangan Tatalaksana Jenazah COVID-19 Antara Jakarta Dan Bali Tahun 2020 Serta Alternatif Solusinya: Studi Perbandingan

  • klarisa .
  • yudy .
  • karen esrella

Abstract

Pendahuluan: COVID-19 menjadi perhatian masyarakat dunia karena penularan yang cepat, tingkat kematian yang tinggi, dan pengetahuan yang masih sangat minimal terhadap virus tersebut. Perbedaan penanganan jenazah COVID-19 dengan praktik yang dilakukan selama ini sangatlah berbeda. Banyak penolakan terjadi saat melakukan tatalaksana jenazah COVID-19 sehingga dalam tulisan ini kami ingin mengetahui alasan apa saja yang menjadi penghalang pelaksanaannya dan juga bagaimana jalan keluar untuk menghadapi hal tersebut dalam rentang waktu antara Februari – November 2020.  Peneliti melakukan penelitian dengan metode studi potong lintang. Pengumpulan data dari penolakan-penolakan yang terjadi didapatkan bahwa pengetahuan seorang dokter forensik terhadap adat istiadat, kepercayaan, sosial budaya dan cara pandang masyarakat terhadap COVID-19 di daerah kerjanya akan sangat membantu dalam hal tatalaksana jenazah COVID-19. Hal tersebut juga sebaiknya diiringi dengan pengetahuan tentang sifat dan cara kerja COVID-19 di tubuh jenazah sehingga potensi penularannya ke manusia hidup dapat minimal. Koordinasi dengan pihak terkait seperti Satgas COVID-19 yang digencarkan, komunikasi yang baik dengan keluarga, sosialisasi ke masyarakat, pemberian cairan pengawet dengan tujuan mengurangi kemampuan hidup virus, pelaksanaan pencegahan infeksi sebaik mungkin menjadi kunci agar tatalaksana jenazah COVID-19 dapat diterima oleh masyarakat. Termasuk penundaan pelaksanaan penguburan atau kremasi tetap dapat terlaksana.


Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbedaan kondisi adat istiadat, kepercayaan, sosial budaya di Jakarta dan Bali secara nyata memberikan tantangan yang berbeda dalam tatalaksana jenazah COVID-19. Penyesuaian tatalaksana jenazah COVID-19 diperlukan agar hambatan dapat dikurangi. Proses mempelajari dan mengetahui perbedaan ini diharapkan menjadi motivasi dan salah satu bentuk jalan keluar bagi daerah lainnya dan menjadi masukan dalam pembuatan kebijakan.

Published
2021-07-26
How to Cite
., klarisa; ., yudy; ESRELLA, karen. Tantangan Tatalaksana Jenazah COVID-19 Antara Jakarta Dan Bali Tahun 2020 Serta Alternatif Solusinya: Studi Perbandingan. Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 164-174, july 2021. ISSN 3032-310X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi/article/view/4589>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jfmi.v2i2.4589.