Strategi Pembelajaran Ilmu Kedokteran Forensik pada Tahap Akademik Program Studi Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Melalui Modul “Transportation Injury” Blok Elektif

  • yudha Nurhantari UGM

Abstract

Tujuan: Mencari strategi untuk memberikan pembelajaran materi Ilmu Kedokteran Forensik yang menjadi terbatas penyampaiannya dalam tahap akademik. Sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan di program studi Pendidikan Kedokteran FK-KMK, hanya sebagian kecil dari materi kedokteran forensik yang termasuk dalam blok-blok yang ada. Sebagian besar materi diberikan pada tahap profesi. Hal ini menjadikan beban  bagi kami saat  rotasi klinik, karena terbatasnya priorknowledge mahasiswa.


Metode:  mengusulkan suatu modul tentang kedokteran forensik yang menarik untuk  ditawarkan sebagai salah satu modul dalam blok elektif pada tahun ke-4. Pendanaan penyusunan modul diperoleh melalui hibah pembelajaran yang ditawarkan bagi dosen FK-KMK UGM.


Hasil : telah disusun modul berjudul “Transportation Injury” yang ditawarkan pada semester genap tahun 2020. Seluruh kuota penuh dipilih oleh mahasiswa baik kelas reguler maupuh internasional. Modul ini juga menghadirkan narasumber Professor Yasuhiro Ueno, Ph.D, dari Departemen of Kegal Medicine, Faculty of Medicine, Kobe University Japan, sebagai mitra kerjasama.


Kesimpulan: Keterbatasan materi ilmu kedokteran Forensik pada tahap akademik Program Studi Pendidikan Kedokteran dapat dilakukan dengan melakukan inovasi menarik melalui  penyusunan modul pada blok elektif.

Published
2021-07-15
How to Cite
NURHANTARI, yudha. Strategi Pembelajaran Ilmu Kedokteran Forensik pada Tahap Akademik Program Studi Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada Melalui Modul “Transportation Injury” Blok Elektif. Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 207-214, july 2021. ISSN 3032-310X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi/article/view/4531>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jfmi.v2i2.4531.