Reliabilitas Rugae Palatal Untuk Identifikasi Manusia Pada Jenis Kelamin, Transgender, Populasi Kaukasoid, Mongoloid, Negroid, dan Golongan Darah - Tinjauan Pustaka Sistematis

  • Muhammad Yusuf Arrozhi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal

Abstract

Latar belakang: Palatal rugae atau rugae palatal berbentuk irregular dan asimetris, bersifat unik dan individual yang berada dalam rongga mulut sehingga lebih terlindungi dari trauma.


Tujuan: Untuk meninjau pustaka secara sistematis pola rugae palatal dalam membantu identifikasi manusia dari jenis kelamin, transgender, populasi kaukasoid, negroid, mongoloid, dan golongan darah individu.


Metode: Tinjauan sistematis dirancang menurut Item Pelaporan Pilihan Untuk Tinjauan Sistematis. Sepuluh database elektronik dicari sebagai sumber informasi utama.


Hasil: Pencarian sistematis menghasilkan 375 penelitian, hingga dipilih sebanyak 18 penelitian untuk dianalisis. Rugae palatal melalui analisis statistik secara signifikan dapat mengidentifikasi jenis kelamin, transgender, populasi kaukasoid, negroid, dangolongan darah namun tidak signifikan dalam mengidentifikasi populasi mongoloid.


Kesimpulan: Rugoscopy adalah pembacaan rugae palatal untuk menegakkan identitas seseorang, sehingga dapat mencocokkan data antemortem dan postmortem rugae palatal individu. Mayoritas rugae palatal dianalisis menggunakan klasifikasi Thomas dan Konze. Rugae palatal bersifat unik, namun hanya dapat digunakan sebagai metode tambahan atau alternatif dalam identifikasi manusia. Tidak signifikan pada penelitian rugae palatal populasi mongoloid karena tidak terdapat penelitian yang membandingkan antara populasi mongoloid dengan populasi lain.

Published
2021-07-15
How to Cite
ARROZHI, Muhammad Yusuf. Reliabilitas Rugae Palatal Untuk Identifikasi Manusia Pada Jenis Kelamin, Transgender, Populasi Kaukasoid, Mongoloid, Negroid, dan Golongan Darah - Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 186-197, july 2021. ISSN 3032-310X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi/article/view/4530>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jfmi.v2i2.4530.