Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Smartphone : Sistematik Review

  • Herratri Wikan Nur Agusti Universitas Gadjah Mada

Abstract

Latar Belakang : Pengenalan biometrik pada individu yang berdasarkan pada ciri perilaku dan ciri biologis individu tersebut saat ini menjadi topik yang tren. Biometrik sudah banyak digunakan terutama di bidang forensik dan hukum yang berhubungan dengan kontrol perbatasan, penipuan finansial, dan keamanan cyber. Salah satu pengenalan biometrik yang sedang popular adalah pengenalan wajah. Smartphone dapat digunakan sebagai salah satu media dalam mengenali wajah seseorang.


Tujuan penelitian adalah mengetahui akurasi dari berbagai sistem pengenalan wajah dengan menggunakan aplikasi di smartphone.


Metode penelitian : Database literatur yang digunakan adalah crossref dan google scholar dengan aplikasi publish or perish pada tahun 2018-2020. Kata kunci yang digunakan adalah face recognition, facial recognition, dan smartphone. Kriteria eksklusi yaitu jurnal berbayar, abstrak saja, konferensi, komentar, editorial, laporan kasus, letter, chapter buku.


Hasil : Total jurnal pencarian berjumlah 400 buah dengan index h1 sebanyak 10 buah dan jurnal terduplikat 21 buah, Topik yang dianalisis cukup komplek seperti sensor dan sistem aplikasi yang digunakan oleh peneliti serta kesulitan dan keterbatasan dari penelitian.


Kesimpulan : akurasi pengenalan wajah dengan menggunakan smartphone bergantung pada sensor, sistem aplikasi yang digunakan untuk mengenali, algoritma dan data set pada smartphone.

Published
2021-07-15
How to Cite
AGUSTI, Herratri Wikan Nur. Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Smartphone : Sistematik Review. Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 156-163, july 2021. ISSN 3032-310X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi/article/view/4528>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jfmi.v2i2.4528.