PENGARUH PEMBUSUKAN TERHADAP DETEKSI METHANOL PADA LAMBUNG TIKUS WISTAR (RATTUS NOVERGICUS) JANTAN

  • Ariyanto Wibowo

Abstract

Latar Belakang: Deteksi alkohol postmortem akan lebih sulit jika tubuh mengalami pembusukan, karena proses pembusukan sangat mungkin mempengaruhi kadar alkohol. Di Indonesia prevalensi kematian akibat penyalahgunaan alkohol cukup tinggi, mereka biasanya menggunakan metanol karena lebih murah dan menyebabkan efek lain daripada alkohol biasa. Terkadang otopsi tidak dapat dilakukan segera karena berbagai faktor, sampai tubuh membusuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metanol masih dapat dideteksi dalam tubuh yang membusuk.


Metode: Dalam penelitian ini, 27 tikus jantan (Rattus novergicus) diberi metanol dosis mematikan menggunakan tabung pengisi. Setelah kematian, tubuh ditempatkan pada suhu kamar (20-25 ° C) kemudian dilakukan otopsi pada hari pertama, hari ketiga dan hari kelima dimana dekomposisi telah terjadi. Pada otopsi kami mengambil jus lambung dan mendeteksi metanol secara kualitatif dengan K2Cr2O7, methanol normalnya tidak ada dalam tubuh meskipun proses penguraian telah terjadi.


Hasil: Semua cairan lambung yang diuji menggunakan K2Cr2O7 pada seluruh sampel menunjukkan perubahan warna dari kuning menjadi hijau


Diskusi: Dalam kasus keracunan metanol, metanol masih dapat dideteksi hingga hari kelima karena lambung menjadi kurang mudah terurai sehingga spesimen di dalamnya menjadi lebih tahan lama. Ini karena metanol dimetabolisme menjadi formaldehid. Formaldehyde adalah penghambat mikroorganisme yang membusuk, keberadaan senyawa ini memperlambat degradasi jaringan di sekitarnya


Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa metanol masih dapat dideteksi secara kualitatif dalam jus lambung sampai hari kelima pascamortem meskipun tubuh telah membusuk.

Published
2021-05-07
How to Cite
WIBOWO, Ariyanto. PENGARUH PEMBUSUKAN TERHADAP DETEKSI METHANOL PADA LAMBUNG TIKUS WISTAR (RATTUS NOVERGICUS) JANTAN. Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 106-110, may 2021. ISSN 3032-310X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi/article/view/4200>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jfmi.v2i1.4200.