PENURUNAN FREKUENSI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SD/MI DENGAN MANTRA SIPIL (MAINAN TRADSIONAL, LITERASI DAN PEDULI LINGKUNGAN)

  • Amalia Eka Rahmanda Universitas Jenderal Soedirman
  • Lilik Rokhanayah Universitas Jenderal Soedirman
  • Widya Lestari Universitas Jenderal Soedirman
  • Neneng Siti Rokayah Universitas Jenderal Soedirman
  • Akhyarul Anam
  • Nur Aisa Dewi Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak belajar dari rumah. Aktivitas pembelajaran tatap muka yang biasa dilakukan di sekolah berganti dengan tatap maya (daring) menggunakan media elektronik/ gadget. Hal ini memicu peningkatan frekuensi penggunaan gadget pada anak usia sekolah, hingga penyalahgunaan penggunaan gadget seperti bermain game online berlebihan. Di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, ditemukan 25,67% anak usia SD/MI mengalami gangguan mata akibat penggunaan gadget berlebihan. Dibutuhkan suatu tindakan solutif untuk mengatasi kecanduan penggunaan gadget seperti Mantra Sipil (mainan tradisional, literasi dan peduli lingkungan). Mantra Sipil dilakukan secara luring kepada 18 anak usia SD dengan pemantauan secara daring dari tim pengabdi selama satu bulan. Didapatkan 83,3% anak lebih suka bermain tradisional daripada bermain gadget, 100% anak menjadi lebih suka membaca buku daripada bermain gadget, dan 94,4% responden lebih menyukai kegiatan peduli lingkungan seperti menanam pohon dari pada bermain gadget. Dapat disimpulkan bahwa Mantra Sipil (mainan tradisional, literasi, dan peduli lingkungan) dapat menurunkan frekuensi penggunaan gadget pada anak SD/MI.

Author Biographies

Amalia Eka Rahmanda, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Lilik Rokhanayah, Universitas Jenderal Soedirman

Program Studi Ilmu Hukum

Widya Lestari, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Neneng Siti Rokayah, Universitas Jenderal Soedirman

Program Studi Biologi

Nur Aisa Dewi, Universitas Jenderal Soedirman

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Published
2022-01-28
How to Cite
RAHMANDA, Amalia Eka et al. PENURUNAN FREKUENSI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SD/MI DENGAN MANTRA SIPIL (MAINAN TRADSIONAL, LITERASI DAN PEDULI LINGKUNGAN). Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 48-54, jan. 2022. ISSN 2723-2050. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/4935>. Date accessed: 24 apr. 2024.