MODIFIKASI PENGERING ERK DMT 2 UNTUK PENGERINGAN SERBA GUNA DENGAN VARIASI SUMBER PANAS DAN KECEPATAN ANGIN BLOWER OUTPUT

  • Ary Mustofa Ahmad Universitas Brawijaya
  • Anang Lastriyanto
  • Arini Robbil Izzati Ulinnuha

Abstract

 


Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil pertaniannya yang begitu besar, baik dari kategori buah, sayur, umbi, dan lainnya. Melimpahnya produk pertanian dan pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, menjadikan proses pasca panen menjadi hal yang sangat penting. Hal ini harus dilakukan karena produk pertanian yang baru dipanen mayoritas tidak memiliki umur simpan yang panjang. Dan ketika memasuki musim panen, akan sangat berpengaruh terhadap rantai pasok dan bisa mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan harga jual dipasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka komoditas pertanian harus mendapatkan perlakuan khusus yaitu salah satunya yaitu melalui proses pengeringan. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi alat pengering ERK DMT 2 sebagai pengering serba guna, yaitu dengan membuat prototype pengering menggunakan bahan polycarbonate menggantikan plastik UV pada alat pengering sebelumnya (ERK DMT 1). Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi kinerja pengering ERK dan menyempurnakan kekurangan pada alat sebelumnya. Bahan uji yang digunakan adalah ubi jalar ungu yang diiris tipis kemudian dikeringkan menjadi bentuk chips. Hasil modifikasi pengering ERK DMT 2 memiliki dimensi panjang 500 mm, lebar 450 mm, dan tinggi 550 mm. Alat pengering ini dapat tetap digunakan pada saat musim hujan dengan nilai efisisensi sebesar 13-17%, memberikan nilai yang lebih baik daripada pengering tipe DMT 1 yang memberikan efisiensi sebesar 11-42%.

Published
2023-10-17
How to Cite
AHMAD, Ary Mustofa; LASTRIYANTO, Anang; ULINNUHA, Arini Robbil Izzati. MODIFIKASI PENGERING ERK DMT 2 UNTUK PENGERINGAN SERBA GUNA DENGAN VARIASI SUMBER PANAS DAN KECEPATAN ANGIN BLOWER OUTPUT. Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 78-88, oct. 2023. ISSN 2776-821X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/9436>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jaber.2023.4.2.9436.