Implementasi Metodologi Six Sigma Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kursi Kuliah

  • Muhamad Faizal Aulya Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Amin Syukron Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Christian Soolany Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Abstract

Six sigma merupakan cara pendekatan kualitas terhadap Total Quality Management (TQM). TQM menjadi perhatian di Amerika Serikat tahun 80-an dan ini merupakan suatu respons terhadap superioritas kualitas dari pabrikan Jepang dalam bidang automotif dan penyejuk ruangan. Banyak studi pada bidang penyejuk ruangan mengemukakan bahwa kerusakan (defect) pada perusahaan Amerika Serikat lebih banyak dari perusahaan Jepang. Untuk membantu perusahaan supaya mampu memperbaiki program peningkatan kualitas, maka didirikan Malcolm Balridge National Quality Award dalam tahun 1987. Salah satu fasilitas yang mendukung kelancaran proses belajar dan mengajar di prodi Teknik Industri UNUGHA adalah kursi kuliah. Kondisi kursi kuliah yang digunakan saat ini adalah kursi dengan rangka dari besi kotak, alas duduk dari busa, sandaran punggung dari busa serta alas menulis dari kayu. Dari hasil penelitian, diperoleh kegagalan yang paling sering terjadi pada kursi tidak stabil dengan jumlah kerusakan 30 unit dan permasalahan dalam pembuatan kursi kuliah adalah kursi kuliah tidak stabil. Membuat kursi tidak siku, dalam masalah kegagalan produk kursi kuliah ini terjadi dalam proses pemasangan, dan orang yang bertanggung jawab adalah operator karena kurang telitinya saat pemasangan kursi kuliah sehingga kursi tidak siku membuat kursi tidak stabil. Solusinya operator harus lebih teliti dan menggunakan penggaris siku pada saat pemasangan kursi.

Published
2021-07-31
How to Cite
AULYA, Muhamad Faizal; SYUKRON, Amin; SOOLANY, Christian. Implementasi Metodologi Six Sigma Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kursi Kuliah. Journal of Agricultural and Biosystem Engineering Research, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 60-67, july 2021. ISSN 2776-821X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jaber/article/view/4190>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jaber.2021.2.1.4190.