The Influence of China in Environmental Security and Peace in Mongolia

  • Muhammad Fachrie Universitas Gadjah Mada

Abstract

Abstrak


Penelitian ini mengeksplanasi bagamana Cina mempengaruhi keamanan lingkungan dan perdamaian di Mongolia. Di Mongolia, Cina melibatkan diri di beberapa sektor seperti ekosistem, energi, populasi, makanan dan ekonomi. Aktivitas-aktivitas ini menyebabkan  kerusakan lingkungan seperti penggurunan, kepunahan hewan liar, deforestasi,  kerusakan lingkungan yang disebabkan  pembangkit listrik tenaga air, kesehatan makanan, dan polusi lingkungan yang disebabkan pertambangan. Peter Hough, seorang ahli keamanan lingkungan, dalam bukunya yang berjudul “Memahami Keamanan Global, Edisi Kedua”, menjelaskan bahw permasalahan-permasalahan lingkungan bisa menjadi sebuah keamanan manusia. Ini berarti bahwa keamanan lingkungan adalah salah satu dari beberapa dimensi-dimensi dari keamanan manusia. Kerusakan lingkungan tidak hanya menjadi permasalahan lingkungan saja, akan tetapi ini juga menjadi permasalahan keamanan. Untuk mengeksplanasi hal tersebut, konsep dimensi keamanan lingkungan dan pendekatan konflik lingkungan digunakan, karena fenomena keamanan ini berfokus pada manusia dan bukan negara.


Kata Kunci: Keamanan Tradisional, Mongolia, China, Lingkungan, perdamaian

Published
2018-04-26
How to Cite
FACHRIE, Muhammad. The Influence of China in Environmental Security and Peace in Mongolia. Insignia: Journal of International Relations, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 46-52, apr. 2018. ISSN 2597-9868. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/insignia/article/view/597>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ins.2018.5.1.597.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.