Intractable Conflict in Southern Thailand

  • Enny Fathurachmi Universitas Mulawarman

Abstract

Konflik di Thailand Selatan antara pemerintah Thailand dan kelompok muslim Pattani menjadi satu gambaran konflik berkepanjangan ketika tidak adanya pihak ketiga yang menjadi mediator dalam konflik ini. Jika dilihat dari durasinya, tuduhan satu dengan lainnya pada pihak yang berkonflik dan kematangan dari konflik itu sendiri maka, konflik Thailand Selatan sudah dapat dikategorikan sebagai intractability conflict. Kondisi konflik Thailand Selatan menjadi potret ketidakmaksimalan negosiasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak berkonflik tanpa ada pihak ketiga yang menjadi mediator. Tulisan ini menawarkan strategi lain yang dapat dipergunakan dalam penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga.


Kata-kata Kunci: Intractability Conflict, Thailand Selatan, resolusi konflik, pihak ketiga

Published
2014-11-18
How to Cite
FATHURACHMI, Enny. Intractable Conflict in Southern Thailand. Insignia: Journal of International Relations, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1-10, nov. 2014. ISSN 2597-9868. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/insignia/article/view/414>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ins.2014.1.01.414.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.