PENGEMBANGAN EKONOMI ISLAM LOKAL SEKTOR PERTANIAN MELALUI AGROWISATA “BOTANIA GARDEN (BOGAR)” DESA KARANGCENGIS KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Main Article Content

Dewi Laela Hilyatin Umu Hanifah

Abstract

Pengembangan ekonomi daerah menjadi alternatif dalam pembangunan ekonomi saat ini yang komprehensif dengan mengidentifikasi dan memperhitungkan kekuatan ekonomi lokal dalam rangka mengatur tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Jika pembangunan dimaksudkan untuk mensejahterakan kehidupan rakyat, maka dalam konteks negara indonesia pembagunan harus ditekankan pada wilayah pedesaan, lebih khusus lagi rakyat yang bergulat pada kegiatan pertanian. Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati (biodiversity) nomor tiga terbesar di dunia maka kekayaan alam yang melimpah dapat dimanfaatkan sebagai sumber plasma nutfah/genetik dan atau sebagai areal wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan ekonomi lokal sektor pertanian melalui agrowisata dan bagaimana dampak ekonomi dari adanya agrowisata.


Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Botania Garden Desa Karangcengis. Subjek penelitian adalah pengelola agrowisata atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Karangcengis Manis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik.


Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pengembangan ekonomi lokal sektor pertanian melalui agrowisata, Botania Garden melakukan beberapa tahap yaitu persiapan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sesuai dengan teori Hania Rahma. Pada tahap persiapan Botania Garden meliputi kegiatan sosialisi, membentuk organisasi pelaksana pengembangan, melakukan analisis terhadap kondisi sekarang. Tahap perencanaan meliputi identifikasi fokus pengembangan ekonomi, membentuk suatu kemitraan, dan menyusun strategi pengembangan. Tahap ketiga peleaksanaan meliputi mobilisasi dari para aktor lokal, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembangnya UMKM, memperluas pasar, memperkuat kemitraan. Sedangkan  dampak ekonomi dari adanya Agrowisata Botania garden adalah terjadi peningkatan pendapatan masyarakat, adanya kegiatan wisata, membuka kesempatan berusaha, meningkatkan produksi dan kualitas.

Article Details

How to Cite
HILYATIN, Dewi Laela; HANIFAH, Umu. PENGEMBANGAN EKONOMI ISLAM LOKAL SEKTOR PERTANIAN MELALUI AGROWISATA “BOTANIA GARDEN (BOGAR)” DESA KARANGCENGIS KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-48, july 2020. ISSN 2722-8002. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ijibe/article/view/3005>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ijibe.2020.2.1.3005.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.