MAQASID SYARIAH DAN DANA PENSIUN SYARIAH

Main Article Content

Muhammad Iqbal

Abstract

Saat ini dana pensiun sudah menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan masyarakat. Adanya manfaat jangka panjang dan gencarnya sosialisasi membuat masyarakat semakin tertarik memiliki dana pensiun. Dana pensiun syariah semakin menarik setelah keluarnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membuka peluang dana pensiun syariah menyelenggarakan program yang mirip dengan produk anuitas. Tujuan Penetapan hukum dalam Islam adalah Maslahah (perlindungan), yang merupakan hakikat dari maqasid syariah ada lima hal yaitu: menjaga agama (ad-din), menjaga jiwa (an-nafs), menjaga akal pikiran (al-aql), menjaga harta (al-maal) dan menjaga keturunan (an-nasl). Pada hakikatnya dana pensiun syariah adalah perlindungan, begitupula dengan maqasid syariah. Dengan demikian ada titik temu antara hakikat maqasid syariah dan dana pensiuan syariah yaitu satu dan sama perlindungan. Landasan dan filosofi dana pension syariah di dalam Islam perspektif maqasid syariah adalah diartikan untuk melindungi agama, jiwa, pikiran, harta, dan keturunan. Dengan mengacu pada tujuan utama ini, istilah Maqashid syari’ah menjadi sandaran utama dalam setiap pengembangan operasional dan produk-produk yang ada di dana pensiun syariah.

Article Details

How to Cite
IQBAL, Muhammad. MAQASID SYARIAH DAN DANA PENSIUN SYARIAH. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-36, july 2020. ISSN 2722-8002. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ijibe/article/view/2796>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ijibe.2020.2.1.2796.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.