OPTIMALISASI ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI RUMAHAN (STUDI PADA HOME INDUSTRI KERUPUK DI KOTA BANDAR LAMPUNG)

Main Article Content

Deki Fermansyah Putri Nur Hidayati Ruslan Abdul Ghofur

Abstract

Usaha mikro merupakan sektor usaha yang telah terbukti berperan penting dalam mengatasi dampak dari krisis ekonomi yang pernah melanda Indonesia ditahun 1997. Namun masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh usaha mikro ini, yakni kurang mampu bersaing dengan produsen besar, sulitnya akses terhadap informasi sumber daya produktif seperti modal dan teknologi, yang berakibat menjadi terbatasnya kemampuan usaha mikro untuk berkembang. Oleh karena itu dibutuhkan satu metode yang bisa memberdayakan masyarakat miskin,danmemberikan kemudahan bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses modal untuk berusaha. Salah satunya adalah zakat. Zakat produktif adalah dimana dana zakat yang diberikan berupa modal usaha mustahik untuk mengembangkan usahanya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1).Bagaimana implementasi penyaluran zakat produktif pada home industri kerupuk kemplang di Kota Bandar Lampung 2).Bagaimana pendayagunaan zakat produktif dalam pengembangan home industri kerupuk kemplang di Kota Bandar lampung. Tujuannya penelitian ini adalah 1).Mengetahui bagaimana implementasi penyaluran zakat produktif pada home industri kerupuk di Kota Bandar Lampung 2). Mengetahui bagaimana pendayagunaan zakat produktif dalam pengembangan home industri kerupuk di Kota Bandar lampung.


Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian lapangan. Populasi dan sampel peneltian ini adalah pelaku usaha home industri kerupuk  kemplang di Kota Bandar Lampung sebanyak 8 home industri.Teknik  pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik  pengumpulan sampel dengan menggunakan pendekatan sampling jenuh. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam implementasi penyaluran dana zakat produktif oleh Rumah Zakat melalui beberapa tahapan, yaitu proses penyeleksian, studi kelayakan bisnis, penyuluhan, pengawasan serta evaluasi. Pendayagunaan zakat produktif terhadap pelaku usaha home industri kerupuk kemplang di Kota Bandar Lampung berupa modal usaha sudah cukup berhasil dalam membantu pengembangan usaha mustahik, dilihat dari omzet dan keuntungan penerima manfaat yang rata-rata mengalami kenaikan. Omzet hingga 37% dan keuntungan hingga 48%. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala, seperti penyalahgunaan bantuan modal usaha untuk memenuhi kebutuhan lain berupa konsumtif dan kesehatan.

Article Details

How to Cite
FERMANSYAH, Deki; HIDAYATI, Putri Nur; GHOFUR, Ruslan Abdul. OPTIMALISASI ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI RUMAHAN (STUDI PADA HOME INDUSTRI KERUPUK DI KOTA BANDAR LAMPUNG). Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-13, july 2020. ISSN 2722-8002. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ijibe/article/view/2795>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ijibe.2020.2.1.2795.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.