ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK HALAL ONLINE PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOKERTO

  • Sulasih Sulasih Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Purwokerto
  • Rima Dwi Oktiana Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Purwokerto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan setelah pembelian online yang dilakukan oleh Pondok Pesantren di Purwokerto dengan variabel yang mempengaruhi diantaranya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini secara primer dan sekunder. Jumlah Sampel sebanyak 71 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0.


Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 2.529 + 0,386X1 – 0,047X2 + 0,149X3. Uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan faktor emosional tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan . Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.428, hal ini berarti 42.8% kepuasan pelanggan setelah pembelian onlineadalah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sedangkan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti.

Published
2020-06-04
How to Cite
SULASIH, Sulasih; OKTIANA, Rima Dwi. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK HALAL ONLINE PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOKERTO. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-21, june 2020. ISSN 0000-0000. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ijibe/article/view/2207>. Date accessed: 13 july 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.