ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK HALAL ONLINE PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOKERTO
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan setelah pembelian online yang dilakukan oleh Pondok Pesantren di Purwokerto dengan variabel yang mempengaruhi diantaranya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini secara primer dan sekunder. Jumlah Sampel sebanyak 71 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0.
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 2.529 + 0,386X1 – 0,047X2 + 0,149X3. Uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan faktor emosional tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan . Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.428, hal ini berarti 42.8% kepuasan pelanggan setelah pembelian onlineadalah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sedangkan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).