Pelatihan Uji Formalin Menggunakan Smartphone dan Scanner untuk Siswa SMA

  • Amin Fatoni
  • Mekar Dwi Anggraeni Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Anung Riapanitra Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Zusfahair Zusfahair Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah mengajarkan pembelajaran kimia, namun demikian, belum semua melaksanakan praktikum untuk lebih memahami ilmu kimia, karena keterbatasan saran terutama alat dan petunjuk praktikumnya. Keterbatasan instrumentasi yang mahal memicu para peneliti untuk memanfaatkan alat-alat sederhana disekitar kita seperti kamera smartphone, kamera poket, kamera DSLR dan alat pemindai dokumen (scanner) sebagai alternatif instrumentasi kimia. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dikenalkan teori untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan praktik untuk meningkatkan keterampilan siswa tentang penggunaan kamera smartphone dan scanner sebagai alat analisis kadar formalin. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan pemberian materi menunjukkan peningkatan pengetahuan dari skor rata-rata 68 menjadi 80, sedangkan praktikum dikelas memberikan peningkatan pengetahuan alat, bahan dan prosedur analisis kimia menggunakan smartphonedan scanner dari skor rata-rata 54,7 menjadi 86

Published
2021-11-26
How to Cite
FATONI, Amin et al. Pelatihan Uji Formalin Menggunakan Smartphone dan Scanner untuk Siswa SMA. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 111-115, nov. 2021. ISSN 2721-1851. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/5000>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.dsc.2021.3.3.5000.