Peningkatan Literasi Digital Untuk Membentuk Jiwa Student-preneurship Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta

  • Naning Margasari Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Zahrotush Sholikhah Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mega Murti Andhini Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hafizh Fitrianna Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai literasi digital dan pengaplikasiannya pada dunia bisnis bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan workshop kepada siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta dan tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “The Power of Digital Literacy: Increasing Student’s Knowledge andCreativity to Start and Own a Business”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 12 Agustus 2020. Melalui pelaksanaan kegiatan workshop yang diberikan kepada siswa SMA, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi siswa terkait dengan memulai dan mengelola suatu bisnis. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat termotivasi dan memiliki minat untuk memulai menjalankan suatu bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh 270 siswa kelas 2 SMA Negeri 6 Yogyakarta. Metode yang digunaan dalam kegiatan ini antara lain adalah: 1) metode diskusi, pemateri akan menyampaikan materi kepada peserta dan peserta dapat bertanya terkait materi yang disampaikan; 2) post-test, untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat berlangsung dengan baik walaupun dilaksanakan secara daring. Terbukti dari hasil post-test yang diberikan kepada 270 siswa, 87% siswa mendapatkan nilai di atas 80. Hal tersebut menunjukkan jika siswa dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh team PPM.

Published
2020-12-29
How to Cite
MARGASARI, Naning et al. Peningkatan Literasi Digital Untuk Membentuk Jiwa Student-preneurship Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 32-39, dec. 2020. ISSN 2721-1851. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/3727>. Date accessed: 26 feb. 2021.