Pelatihan Pewarnaan Kain Batik dengan Metode Pewarnaan Alami untuk Mendukung Keberlangsungan Lingkungan

  • Christina Tri Setyorini Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Dewi Susilowati Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Siti Maghfiroh Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan memfokuskan pada pendampingan UKM batik di Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah Purbalingga melalui pelatihan pewarnaan kain. Pewarnaan kain batik difokuskan pada teknik pewarnaan kain batik dengan pewarna alami, sehingga diharapkan dengan melakukan pewarnaan alami, UKM mampu mengurangi pencemaran lingkungan dan mampu meningkatkan nilai tambah UKM karena batik warna alam mempunyai harga jual yang lebih tinggi dari batik warna sintetis. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selain diikuti oleh 15 pembatik dari desa Selabaya, dihadiri juga oleh tim dari pihak mitra sebagai pelatih sebanyak 3 orang. Hasil pelatihan menunjukkan dari ke 15 pembatik tersebut menunjukkan peningkatan keterampilan dalam menggunakan pewarnaan alami dari pencampuran bahan-bahan dari lingkungan sekitar seperti daun-daunan, buah dan akar rimpang.

Author Biographies

Dewi Susilowati, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia

Jurusan Akuntansi 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Unsoed

Siti Maghfiroh, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia

Jurusan akuntansi

fakultas ekonomi dan bisnis

unsoed

Published
2021-10-24
How to Cite
SETYORINI, Christina Tri; SUSILOWATI, Dewi; MAGHFIROH, Siti. Pelatihan Pewarnaan Kain Batik dengan Metode Pewarnaan Alami untuk Mendukung Keberlangsungan Lingkungan. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-39, oct. 2021. ISSN 2721-1851. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/3715>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.dsc.2021.3.1.3715.