Hubungan Umur dengan Stok Karbon Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga

STOCK DIOXIDE CARBON

  • Septi Nuranisa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman
  • Eming Sudiana Universitas Jenderal Soedirman
  • Edy Yani Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini yang berjudul ”Hubungan Umur dengan Stok Karbon Dioksida Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga”. Penelitian dengan tujuan: 1) Mengetahui pengaruh umur tegakan terhadap jumlah stok karbon dioksida yang tersimpan pada tegakan duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. 2) Mengetahui umur tanaman duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga yang memiliki potensi stok karbon dioksida paling banyak.


Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan penentuan biomassa pohon dilakukan dengan metode metode stratified random sampling Strata yang digunakan adalah umur tanaman duku. Setiap strata umur diambil 3 pohon untuk diukur diameternya. Luas lahan dibagi dengan jarak tanam untuk mendapatkan hasil kerapatan tanaman di lokasi tersebut. Pengukuran diameter batang tegakan dilakukan pada batang tegakan setinggi dada peneliti (diameter at breast height atau dbh). Pita ukur dililitkan pada batang tegakan dengan posisi yang sejajar untuk semua arah sehingga data yang diperoleh adalah lingkar atau lilit batang (keliling batang = 2πr). Data umur, biomasa, dan stok karbon dianalisis dengan menggunakan analisis varian (Anova), sedangkan hubungan antara biomasa dengan stok karbon dianalaisis menggunakan analisis regresi dan korelasi Pearson.


Hasil analisis regresi antara umur dengan stok karbon dioksida menunjukkan pola eksponensial. Stok korbon dioksida terendah tanaman duku terdapat pada kelompok umur <5 tahun, yaitu 9,54 ton/ha, sedangkan stok karbon dioksida terbesar pohon duku terdapat pada kelompok umur >30 tahun (40 tahun) yaitu 74,89 ton/ha. Dengan demikian maka penelitian ini belum mendapatkan umur pohon yang paling optimal dalam menyimpan karbon dioksida. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada pohon duku yang lebih tua dari 40 tahun.

References

Adinugroho, W. C., Indrawan, A., Supriyanto, & Arifin, H. S., 2013. Kontribusi Sistem Agroforestri terhadap Cadangan Karbon di Hulu DAS Kali Bekasi. Jurnal Hutan Tropis 1 (3) : 242-249.

Amin, M., Imran, R., dan Sitti, R 2016. Jenis Agroforestri dan Orientasi Pemanfaatan Lahan di Desa Simoro Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Jurnal Warta Rimba 4 (1) : 97-104.

Ariani. 2014. Biomassa dan Karbon Tumbuhan Bawah Sekitar Danau Tambing pada Kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Jurnal Warta Rimba, 2(1).

Banuwa, I.S. 2013. C-tersimpan pada Berbagai Pola Usahatani Berbasis Kopi. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Konservasi Tanah dan Air Indonesia. Hal. 3-595 – 3-609. ISBN 978-602-97051-3-3. Jambi.

Brown, S. 1997. Estimating Biomass and Biomass Change of Tropical Forest. Forestry Paper No. 134. (Online version), (http://www.fao.org, diakses 11 Februari 2019).

Butarbutar T. R. M. Mulyadin, D. Wicaksono. 2014. Cadangan Karbon pada Berbagai Tipe Hutan dan jenis dan Jenis Tanaman di Indonesia (Seri 2). Penerbit PT Kanisius (Anggota IKAPI), Yogyakarta.

Campbell, N. A. & J. B. Reece. (2008). Biologi, Edisi Kedelapan Jilid 3. Terjemahan: Damaring Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.

CIFOR. 2003. Perdagangan Karbon. Warta Kebijakan No. 8 Februari 2003.

Dharmawan I Wayan Susi dan Chairil Anwar Siregar. 2008. Karbon Tanah dan Pendugaan Karbon Tegakan Avicennia marina (Forsk.) Vierh.di Ciasem, Purwakarta. Jurnal. (Online) 5(4):317-328. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam.

Hairiah, K dan S. Rahayu. 2007. Pengukuran ‘Karbon Tersimpan’ Di Berbagai Macam Penggunaan Lahan. Word Agroforestry Centre, Bogor.

Hairiah, K. 2007. Perubahan Iklim Global: Neraca Karbon di Ekosistem Daratan. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Hairiah, K., S. M. Sitompul., M. V. Noordwijk., and C. Palm. 2011. Carbon Stocks of Tropical Landuse Systems as Part of The Global C Balance: Effects of Forest Conversion and Option for Clean Development Activities. ASB Lecture Note 4A. ICRAF, Bogor.

Hardjana, A. K., 2011. Potensi Biomassa dan Karbon pada Hutan Tanaman Acacia mangium di HTI PT. Surya Hutani Jaya, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 7(4):237-249.

Indriyanto, 2006. Ekologi Hutan. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Juniarti, T. K., Ratna H., Burhanuddin. 2017. Keanekaragaman Jenis Meranti (Shorea spp.) pada Areal IUPHHK- HTI PT. Bhatara Alam Lestari Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari, 5(4) : 1079 – 1087.

Langi, Y.A.R. 2011. Model Penduga Biomassa dan Karbon pada Tegakan Hutan Rakyat Cempaka (Elmerrilliovalis) dan Wasian (Elmerrrilliacelebica) di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. [Tesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Murniati, 2009. Arsitektur Pohon, Distribusi Perakaran, Dan Pendugaan Biomassa Pohon Dalam Sistem Agroforestry (Tree Architecture, Root Distribution, and Estimation of Tree Biomass in an Agroforestry System). Jurnal Penelitian Hutan dan Konversi Alam, 8(2): 103-117.

Purwanto, Y., E.B. Waluyo, S. Susiarti dan D. Komara. 2008. Evaluasi Keanekaragaman Jenis Tumbuihan di Kawasan Konservasi PT. Wira Karya Saktyi. Puslit Biologi – LIPI (Laporan perjalanan, tidak diterbitkan).

Rahayu, S. B, Lusiana, B., Noordwijk, M. V. 2007. Pendugaan Cadangan Karbon di Atas Permukaan Tanah pada Berbagai Sistem Penggunaan Lahan di Kabu-paten Nunukan, Kalimantan Timur. ICRAF, Bogor.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kabupaten Putbalingga Tahun 2015.

Saputra. 2011. Teknik Pendugaan Cadangan Karbon Hutan. Merang REDD Pilot Project, German International Cooperation-GIZ. Palembang.

Sutaryo, D. 2009. Penghitungan Biomassa Sebuah Pengantar untuk Studi Karbon dan Perdagangan Karbon. Wetlands International Indonesia Programme. Bogor.

Ulumuddin, Y.I., Sulistyawati, E., Hakim, D.M., dan Harto, A.B. 2005. Korelasi Stok Karbon dengan Karakteristik Spektral Citra Landsat: Studi Kasus Gunung Papandayan. Pertemuan Ilmiah Tahunan MAPIN XIV “Pemanfaatan Efektif Penginderaan Jauh Untuk Peningkatan Kesejahteraan Bangsa”. Surabaya 14 – 15 September 2005.

Uthbah, Z., Eming, S dan Edy, Y. 2017. Analisis Biomassa dan Cadangan Karbon pada berbagai Umur Tegakan Damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich. Di KPH Banyumas Timur. Jurnal Scripta Biologi. 4(2) : 119-124.

Yudistina, V., Mudji, S., dan Nurul, A. 2013. Hubungan antara Diameter Batang dengan Umur Tanaman terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kelapa Sawit. Jurnal Buana Sains. 17(1) : 43-4
Published
2020-04-29
How to Cite
NURANISA, Septi; SUDIANA, Eming; YANI, Edy. Hubungan Umur dengan Stok Karbon Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. BioEksakta : Jurnal Ilmiah Biologi Unsoed, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 146-151, apr. 2020. ISSN 2714-8564. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/bioe/article/view/1866>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.bioe.2020.2.1.1866.
Section
Articles