Hubungan Umur dengan Stok Karbon Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga

STOCK DIOXIDE CARBON

  • Septi Nuranisa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman
  • Eming Sudiana Universitas Jenderal Soedirman
  • Edy Yani Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini yang berjudul ”Hubungan Umur dengan Stok Karbon Dioksida Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga”. Penelitian dengan tujuan: 1) Mengetahui pengaruh umur tegakan terhadap jumlah stok karbon dioksida yang tersimpan pada tegakan duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. 2) Mengetahui umur tanaman duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga yang memiliki potensi stok karbon dioksida paling banyak.


Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan penentuan biomassa pohon dilakukan dengan metode metode stratified random sampling Strata yang digunakan adalah umur tanaman duku. Setiap strata umur diambil 3 pohon untuk diukur diameternya. Luas lahan dibagi dengan jarak tanam untuk mendapatkan hasil kerapatan tanaman di lokasi tersebut. Pengukuran diameter batang tegakan dilakukan pada batang tegakan setinggi dada peneliti (diameter at breast height atau dbh). Pita ukur dililitkan pada batang tegakan dengan posisi yang sejajar untuk semua arah sehingga data yang diperoleh adalah lingkar atau lilit batang (keliling batang = 2πr). Data umur, biomasa, dan stok karbon dianalisis dengan menggunakan analisis varian (Anova), sedangkan hubungan antara biomasa dengan stok karbon dianalaisis menggunakan analisis regresi dan korelasi Pearson.


Hasil analisis regresi antara umur dengan stok karbon dioksida menunjukkan pola eksponensial. Stok korbon dioksida terendah tanaman duku terdapat pada kelompok umur <5 tahun, yaitu 9,54 ton/ha, sedangkan stok karbon dioksida terbesar pohon duku terdapat pada kelompok umur >30 tahun (40 tahun) yaitu 74,89 ton/ha. Dengan demikian maka penelitian ini belum mendapatkan umur pohon yang paling optimal dalam menyimpan karbon dioksida. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada pohon duku yang lebih tua dari 40 tahun.

Published
2020-04-29
How to Cite
NURANISA, Septi; SUDIANA, Eming; YANI, Edy. Hubungan Umur dengan Stok Karbon Pohon Duku (Lansium parasiticum) di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. BioEksakta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 146-151, apr. 2020. ISSN 2714-8564. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/bioe/article/view/1866>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.bioe.2020.2.1.1866.