Karakteristik Morfologi Polen Sebagai Sumber Pakan Lebah Trigona sp. di Desa Serang, Purbalingga

  • Salma Fauzia Fakultas Biologi Universitas enderal Soedirman
  • Sukarsa Sukarsa
  • Wiwik Herawati

Abstract

Wilayah dataran tinggi memilikiBerpotensi untuk dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan, pertanian, dan mendukung perkembangan beberapa jenis lebah penghasil madu diantaranya adalah Trigona sp. Kelimpahan sumber pakan yang tinggi dapat meningkatkan produksi madu lebah Trigona. Polen merupakan sumber protein, sedangkan nektar berperan sebagai sumber karbohidrat dalam pakan Trigona. Keragaman jenis pakan Trigona dapat diidentifikasi dari karakter morfologi polen yang dibawa oleh lebah ke dalam sarang serta dibandingkan dengan karakter morfologi polen pada beberapa bunga di sekitar sarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur morfologi polen dari bunga yang ada di sekitar sarang dan polen yang ada di sarang lebah Trigona. Penelitian ini dilakukan di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, terletak di Kabupaten Purbalingga. Penelitian dilakukan dengan metode survei, sampel polen diambil dari bunga yang ada di sekitar sarang dan yang ada di dalam sarang, sampel dipreparasi dengan menggunakan metode asetolisis. Variabel yang digunakan adalah karakter morfologi polen dengan parameter berupa: unit, bentuk, ukuran, apertura, dan ornamentasi polen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari 17 familia yang tercakup dalam 23 spesies tumbuhan yang ada di sekitar sarang lebah Trigona sp. didapatkan hasil karakter morfologi yang bervariasi. Unit polen monad, bentuk polen spheroidal sampai prolate, ukuran kecil sampai besar, apertura monosulcate, monoporate, triporate, tricolpate, tricolporate, tetracolpate dan hexacolpate serta ornamentasi clavate, scabrate, reticulate, bireticulate, baculate, psilate, echinatedan scabrate. Pengamatan polen di dalam sarang menunjukkan adanya 11 spesies polen yang dapat diamati dan 10 diantaranya identik dengan polen dari bunga di sekitar sarang. Seluruh polen yang diamati memiliki unit polen monad sedangkan karakter lainnya bervariasi dari bentuk polen spheroidal sampai prolate, ukuran kecil sampai besar, apertura monosulcate, monoporate, tricolporate, dan tricolpate serta ornamentasi scabrate, reticulate, psilate, scabrate dan echinate.


Kata kunci: Bunga, Karakter Morfologi, Polen,Trigona sp.

References

Agussalim., Ali A., Nafiatul U., & I.G. Suparta B. 2017. Variasi Jenis Tanaman Pakan Lebah Madu Sumber Nektar dan Polen Berdasarkan Ketinggian Tempat di Yogyakarta. Buletin Peternakan, 41 (4): 448-460.

Azizah, N., Sri W. A. S. & Erma P. 2016. Keanekaragaman Tumbuhan Berdasarkan Morfologi Polen dan Spora dari Sedimen Telaga Warna Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Buletin Anatomi dan Fisiologi, 24(1): 66-75.

Backer, C. A. & Brink, R. C. B. V. D. 1968. Flora of Java (Spermatophytes only) Vol. III. Groningen. The Netherlands: Wolters.Noordhoff. N. V.

Barth, FG., 1991. Insect and Flowers: The Biology of Partnership. New Jersey: Princeton University Press.

Das, S.K., dan Mukherjee, S.K. 2013. Comparative Morphological, Anatomical and Palynological Observation in Ageratum conyzoides and Ageratum houstonianum of the Family Compositae. Research Article, 2 (4): 48-62.

Erdtman, G. 1952. Pollen Morphology and Plant Taxonomy Angiospermae (An Introduction to Palinology I). Sweden: Almquist & wiksells.

Faegri, K. & J. Iversen, 1989. Textbook of Pollen Analysis. New York: Hafner Press.

Gang, H. & Qiming, H. 1996. A Study of Pollen Morphology of Hydrangeoideae (Hydrangeaceae). Journal of Tropical and Subtropical Botany, 4(3): 26-31.

Haryanto, A.A. 2017. Analisis Tataniaga Stroberi (Vragaria vesca) Pendekatan Structure, Conduct, Performance (SPC) di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Hebda, R.J., Cinnapa, C. C & Smith, B.M. 1988. Pollen morphology of the Rosaceae of Western Canada. Grana, 27:95-113.

Kapp, R.O. 1969. How to Know Pollen and Spores. Lowo: W.M.C. Brown Company Publishers Dubuque.

Khairiah, N., Dahelmi & Syamsuardi. 2012. Jenis-Jenis Serangga Pengunjung Bunga Pacar Air (Impatien balsamina Linn.: Balsaminaceae). Jurnal Biologio Universitas Andalas, 1(1): 9-14.

Michener CD. 1974. The Social Behavior of the Bees. Cambridge (USA): Harvard University Press.

Moore, P.D., J.A. Webb & M.E. Collinson. 1991. Pollen Analysis. England: Blackwell Scientific Publication, Oxford.

Nugroho, R.B. & Soesilohadi, H.R.C. 2014. Identifikasi Macam Sumber Pakan Lebah Trigona sp (Hymenoptera: Apidae) di Kabupaten Gunungkidul. Biomedika, 7(2): 42-45.

Perveen, A. 1999. Contributions to the Pollen Morphology of the Family Compositae. Tr. Journal of Biology, 23: 523-535.

Pratama, I. P. N. E., Watiniasih, N. L & Ginantra I. K. 2018. Perbedaab Ketinggian Tempat Terhadap Jenis Polen yang Dikoleksi Oleh Lebah Trigona. Jurnal Biologi Udayana, 22(1): 42-48.

Ramadhani, R. F. 2016. Keanekaragaman Polen dari Beberapa Spesies Stringles Bee pada Perkebunan Kelapa Sawit dan Karet. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rismayanti, Triadiati & Raffiudin, R. 2015. Ecology Service Tumbuhan Herba untuk Lebah Trigona sp. Jurnal Sumberdaya Hayati, 1(1): 19-25.

Rustam, E. & Agus A. P. 2018. Morfologi dan perkembangan bunga-buah tembesu (Fragraea fragrans). Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, 4(1): 13-19.

Steenis, V. C.G.G.J. 1987. Flora. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sudarmono & Sahromi. 2012. Pollen atau Serbuk Sari: Aspek Morfologi, Sistematika dan Aplikasinya Pada Tumbuhan Keluarga Mentol. Jurnal Sains Natural Universitas Nusa Bangsa, 2(1): 12 – 16.

Sukarsa, Pudjoarinto, A. & Utami, N. 2002. Morfologi dan Nilai Taksonomi Serbuksari Impatiens (Balsaminaceae). Floribunda, 2(1): 1-5.

Sulistia, M.L., S. Latifah., Irwan M. L. A, & Dwi S. R. 2018 Identifikasi Jenis Polen Sebagai Sumber Pakan Lebah Trigona (Trigona clypearis) di Lahan Agroforestri. Tesis. Program studi kehutanan, Universitas Mataram, Mataram.

Tjitrosoepomo, G. 2002. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Veldkamp, J. 2015. Praxelis clemidae. Gardens' Bulletin Singapore. 51: 119–124.

Widhiono, I., Eming S., Edy T. & Darsono. 2016. Keragaman Serangga Penyerbuk di Lereng Gunung Slamet dan Sekitarnya. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

Wulandari, A.P., Atmowidi, T. & Kahono, S. 2017.Peranan Lebah Trigona laeviceps (Hymenoptera: Apidae) dalam Produksi Biji Kailan (Bressica oleracea var. alboglabra). J Agron Indonesia, 45(2): 196-203.

Yanto, S.H., Defri Y, & Evi S.B. 2016. Potensi Pakan Trigona spp. di Hutan Larangan Adat Desa Rumbio Kabupaten Kampar. JOM Faperta, 3(2): 1-7.
Published
2019-12-02
How to Cite
FAUZIA, Salma; SUKARSA, Sukarsa; HERAWATI, Wiwik. Karakteristik Morfologi Polen Sebagai Sumber Pakan Lebah Trigona sp. di Desa Serang, Purbalingga. BioEksakta : Jurnal Ilmiah Biologi Unsoed, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 115-122, dec. 2019. ISSN 2714-8564. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/bioe/article/view/1809>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.bioe.2019.1.2.1809.
Section
Articles