AGENDA MEDIA DALAM PEMBERITAAN TOP UP UANG ELEKTRONIK DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM

  • Dyah Ayu Universitas Dian Nuswantoro
  • Mutia Rahmi Pratiwi Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Tekhnologi terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin beragam.
Berbagai proses konvensional kini bergeser menjadi lebih modern dengan berbasis pada teknologi.
Hal ini berlaku pada penetapan kebijakan e-money di tahun 2017 sebagai wujud implementasi
Gerakan Nasional Non Tunai (Cashless society) sejak tahun 2014. Data menunjukan bahwa pada
Agustus 2017, jumlah uang elektronik yang beredar di masyarakat meningkat sekitar lebih dari 20
juta dibandingkan tahun 2016. Keberhasilan ini tidak lepas dari penggunaan e toll di seluruh
Indonesia. Namun muncul kebijakan baru terkait biaya tambahan untuk isi ulang saldo atau top-up
uang elektronik sesuai PADG yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.Kebijakan ini menimbulkan
polemik yang menjadi objek pemberitaan di Kompas.com pada tahun 2017 lalu. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing Pan dan Kosicki. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Kompas.com berada di pihak yang tidak setuju dengan kebijakan
Bank Indonesia terkait beban biaya tambahan untuk top-up uang elektronik bagi penggunanya. Hal
ini ditunjukan Kompas.com dengan pemberian porsi berita yang lebih tinggi kepada pihak yang
tidak setuju (melalui pernyataan narasumber), pemilihan kaya yang berkonotasi negative,
penyajian kata tertentu yang diulang-ulang, dicetak tebal serta diberi warna yang berbeda untuk
menunjukan keberpihakan.

Author Biographies

Dyah Ayu, Universitas Dian Nuswantoro

Dyah Ayu dan Mutia Rahmi Pratiwi adalah akademisi pada Universitas Dian Nuswantoro yang
dapat dihubungi melalui email: mutia.rahmi@dsn.dinus.ac.id.

Mutia Rahmi Pratiwi, Universitas Dian Nuswantoro

Dyah Ayu dan Mutia Rahmi Pratiwi adalah akademisi pada Universitas Dian Nuswantoro yang
dapat dihubungi melalui email: mutia.rahmi@dsn.dinus.ac.id.

Published
2019-04-01
How to Cite
AYU, Dyah; PRATIWI, Mutia Rahmi. AGENDA MEDIA DALAM PEMBERITAAN TOP UP UANG ELEKTRONIK DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM. Widya Komunika, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 86-104, apr. 2019. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1675>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2019.9.1.1675.