“CONFUSE EFFECT” DAN “WOW EFFECT”

STRATEGI BRANDING WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT

  • Endah Siswati Universitas Islam Blitar
  • Bina Andari Universitas Islam Blitar

Abstract

Di tengah bertumbuhnya desa-desa wisata di Indonesia, Kampung Coklat menjadi salah satu
wahana wisata yang jejak pertumbuhan dan perkembangannya menyita perhatian. Dalam kurun
waktu tidak lebih dari lima tahun Kampung Coklat mampu mengembangkan dan memperluas
bisnis wisatanya dan mempertahankan serta meningkatkan secara terus menerus jumlah
pengunjung. Pertumbuhan dan perkembangan Kampung Coklat juga membawa dampak yang
sangat signifikan bagi kemajuan lingkungan dan daerah, baik secara sosial maupun ekonomi.
Dalam berbagai kasus, keberhasilan pemasaran sebuah wahana atau destinasi wisata berkaitan erat
dengan upaya branding yang dilakukan. Penelitian ini bermaksud mendalami strategi branding
yang dilakukan oleh Kampung Coklat yang mengkategorikan dirinya sebagai wisata edukasi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan diri peneliti sendiri sebagai
instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, pengamatan di lapangan,
dan wawancara mendalam dengan personil kunci Kampung Coklat sebagai narasumber. Data
primer dan sekunder yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisa
data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa
selain rancangan unsur-unsur merek (brand), differentiation dan brand positioning, konsep
“confuse effect” dan “wow effect” menjadi strategi branding yang sangat menentukan
keberhasilan Wisata Edukasi Kampung Coklat.

Author Biographies

Endah Siswati, Universitas Islam Blitar

Endah Siswati, Bina Andari adalah akademisi dari Universitas Islam Balitar yang dapat
dihubungi melalui email: endahsiswati@unisbablitar.ac.id dan binaandari@unisbablitar.ac.id

Bina Andari, Universitas Islam Blitar

Endah Siswati, Bina Andari adalah akademisi dari Universitas Islam Balitar yang dapat
dihubungi melalui email: endahsiswati@unisbablitar.ac.id dan binaandari@unisbablitar.ac.id

Published
2019-04-01
How to Cite
SISWATI, Endah; ANDARI, Bina. “CONFUSE EFFECT” DAN “WOW EFFECT”. Widya Komunika, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 48-67, apr. 2019. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1673>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2019.9.1.1673.