POLA INTERVENSI PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEPADA PELAJAR MELALUI KOMUNIKASI INTERAKSIONAL BERSUMBER PADA SIMBOL

  • Afrina Sari Universitas Budi Luhur Jakarta

Abstract

Remaja dalam usia yang sangat rentan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan.
Terutama lingkungan peer group pertemanan. Banyak peristiwa yang terkait remaja disajikan
dalam berita menjelaskan adanya kenakalan dalam perkelahian antar pelajar. Pola Intervensi
Pendidikan diduga dapat membantu untuk membina pelajar untuk lebih berkreativitas kepada hal-
hal yang positif. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksional Simbol dari Goerge Herbert
Mead sebagai dasar analisisnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer wawancara dengan guru dan siswa pada 2
sekolah Menegah Atas di kota Bekasi. Analisis data menggunakan trianggulasi data dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pola Intervensi pendidikan yang dilakukan guru pengajar
dan guru Pembina pada SMA di Kota Bekasi berorientasi pada tanggungjawab, berorientasi pada
prestasi, dan berorientasi pada kreativitas. Komunikasi interaksional diterapkan dalam
pengembangan kurikulum dan pada pelaksanaan mata pelajaran. Komunikasi interaksional
dilaksanakan dalam proses pembelajaran, proses kegiatan, dan proses pelaksanaan tugas.
Dikembangkan dengan menggunakan simbol verbal dengan kata-kata yang bersifat memotivasi.
Pola pembinaan yang dilakukan oleh guru pengajar dan guru pembina kegiatan dilakukan untuk
mengembangkan sikap keterbukaan, pengelolan emosi, dan sikap optimis. Itu semua dilakukan
dengan menekankan sikap disiplin dan sikap bertanggungjawab pada siswa.

Author Biography

Afrina Sari, Universitas Budi Luhur Jakarta

Afrina Sari adalah Dosen Universitas Budi Luhur Jakarta dengan alamat email:
afrina.sari@budiluhur.ac.id

Published
2018-10-01
How to Cite
SARI, Afrina. POLA INTERVENSI PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEPADA PELAJAR MELALUI KOMUNIKASI INTERAKSIONAL BERSUMBER PADA SIMBOL. Widya Komunika, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 117-133, oct. 2018. ISSN 0216-7239. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1410>. Date accessed: 17 jan. 2019.