TANTANGAN PENGAJARAN MATERI GEOGRAFI BAGI SISWA SEKOLAH LANJUTAN

  • Dodi Nurbadri SMAN 1 Subang
  • Ade Nur Arifin SMAN 2 Bekasi
  • Etty Athiroh SMPN 2 Cijambe Subang

Abstract

Sebagai seorang pengajar, guru memiliki tantangan tersendiri dalam mengajar, terlebih jika
penunjang pengajaran belum tersedia secara lengkap di sekolah. Pelajaran Geografi merupakan
pelajaran yang diberikan pada siswa tingkaat SMP maupun SMA. Pada mata pelajaran ini, guru
acap kali mengalami beberapa tantanganyang membutuhkan kreativitas khusus untuk
mengatasinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai
tantangan pengajaran materi geografi bagi siswa sekolah lanjutan. Penelitian ini menggunakan
studi deskriptif melalui cara pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi. Adapun
hasil yang diperoleh adalah, terdapat beberapa materi dalam pelajaran Geografi yang dianggap
memiliki tantangan khusus di mata guru budang, tantangan yang ditemukan meliputi materi ajar
tertentu yang relatif banyak, beririsan dengan materi lain, membutuhkan teknik penghitungn,
ketidaktersedian alat peraga dan penunjang pembelajaran, masih kurangnya literasi dan sumber
ajar. Sedangkan cara yang telah dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut antara lain:
mengajak siswa untuk kreatif membuat alat peraga mandiri, menggunakan teknik pembelajaran
yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta mengoptimalkan teknologi informasi walaupun masih
dalam kondisi terbatas.

Author Biographies

Dodi Nurbadri, SMAN 1 Subang

Dodi Nurbadri adalah Pengajar di SMAN 1 Subang dengan email: dodinurbadri@yahoo.co.id

Ade Nur Arifin, SMAN 2 Bekasi

Ade Nur Arifin adalah pengajar di SMAN 2 Bekasi dengan email: adenurarifin@rocketmail.com

Etty Athiroh, SMPN 2 Cijambe Subang

Etty Athiroh adalah pengajar di SMPN 2 Cijambe Subang dengan email: athirohe@yahoo.co.id

Published
2018-01-01
How to Cite
NURBADRI, Dodi; ARIFIN, Ade Nur; ATHIROH, Etty. TANTANGAN PENGAJARAN MATERI GEOGRAFI BAGI SISWA SEKOLAH LANJUTAN. Widya Komunika, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 50-59, jan. 2018. ISSN 0216-7239. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1211>. Date accessed: 22 oct. 2018.