STRATEGI NATION BRAND SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA

Analisis Semiotika Video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World

  • Devi Purnamasari Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Muhamad Noor Hidayat Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Heni Indrayani Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas nasional, untuk itu pemerintah berupaya mengopti-
malkan promosi destinasi wisata dengan cara national branding melalui Video Wonderful Indone-
sia versi The Journey of The World. Video tersebut menceritakan tentang kebudayaan, keindahan
alam, dan petualangan wisatawan di Indonesia dan telah memperoleh beragam perhargaan
dunia. Mempromosikan suatu negara tidak lepas dari identitas negara, maka penelitian ini ingin
membahas Strategi Brand Nation sebagai Promosi Pariwisata Indonesia dengan menggunakan
pendekatan semiotika dari Video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam paradigma konstruktivis
dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Objek Penelitian adalah video Wonderful In-
donesia versi The Journey of The World. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam video
Wonderful Indonesia versi The Journey of The World menampilkan aspek budaya (culture), alam
(nature), dan jelajah (adventure). Perpaduan ketiganya digarap melalui visualisasi video yang
menampilkan pleasure tourism, leisure tourism, dan discovery tourism. Simbol-simbol yang dit-
ampilkan dalam video seperti pengunaan batik dan kemaritiman menjadi tanda identitas nasional
sekaligus strategi nation brand dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Author Biographies

Devi Purnamasari, Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Devi Purnamasari, M.Ikom, Muhamad Noor Hidayat dan Heni Indrayani adalah dosen Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan email: devi.purnamasari9@dsn.dinus.ac.id,  abiyasa.semar@gmail.com, dan he_ney@yahoo.com

Muhamad Noor Hidayat, Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Devi Purnamasari, M.Ikom, Muhamad Noor Hidayat dan Heni Indrayani adalah dosen Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan email: devi.purnamasari9@dsn.dinus.ac.id, abiyasa.semar@gmail.com, dan he_ney@yahoo.com

Heni Indrayani, Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Devi Purnamasari, M.Ikom, Muhamad Noor Hidayat dan Heni Indrayani adalah dosen Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan email: devi.purnamasari9@dsn.dinus.ac.id, abiyasa.semar@gmail.com, dan he_ney@yahoo.com

Published
2018-01-01
How to Cite
PURNAMASARI, Devi; HIDAYAT, Muhamad Noor; INDRAYANI, Heni. STRATEGI NATION BRAND SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA. Widya Komunika, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 32-49, jan. 2018. ISSN 0216-7239. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1210>. Date accessed: 15 aug. 2018.