PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM PBP MELALUI SUPERVISI BERKELANJUTAN DI SMA BINAAN KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Peningkatan kinerja kepala sekolah dalam pengembangan program penumbuhan budi pekerti
(PBP) di SMA binaan di Kabupaten Banyumas masih perlu ditingkatkan. Hasil supervisi
menunjukkan jika kepala sekolah subjek penelitian pada umumnya sudah mengupayakan tumbuh
kembangnya budi pekerti di sekolah, namun program PBP masih belum mengacu aturan yang
berlaku. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh supervisi berkelanjutan terhadap kinerja kepala sekolah dalam mengembangkan program
PBP. Data awal menunjukkan jika program PBP pada ketiga sekolah masih berkualifikasi Cukup
(67,6%), pada siklus 1 setelah dilakukan supervisi berkelanjutan dan tindak lanjutnya berupa
pendampingan, program PBP berubah menjadi Baik (79,1%), dan pada siklus 2 sudah
berkualifikasi Amat Baik (92,5%). Dapat disimpulkan jika melalui supervisi berkelanjutan dan
tindak lanjutnya berpengaruh terhadap kinerja kepala sekolah dalam mengembangkan PBP di
ketiga sekolah subjek penelitian.