TY - JOUR AU - Rosmiasih, Rosmiasih PY - 2015/12/01 TI - KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA KBM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMKN 1 PURWOKERTO JF - Widya Komunika; Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKADO - 10.20884/1.wk.2015.5.2.936 KW - N2 - Penggunaan komunikasi dalam dunia pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak harus ada untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Tanpa adanya komunikasi yang efektif maka sangat dimungkinkan terjadinya kesulitan bahkan kegagalan dalam kegiatan belajar mengajar. Atas dasar tersebut komunikasi efektif menjadi kunci sentral pelaksanaan pendekatan ilmiah dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Purwokerto. Metode penulisan artikel ini bersumber dari pengkajian dan analisis atas efektivitas komunikasi yang telah dilaksanakan dalam proses belajar mengajar yang bersumber dari berbagai literatur ilmiah yang relevan dengan pembahasan masalah. Adapun hasil akhir yang dapat dirumuskan yaitu komunikasi yang tepat dapat berfungsi untuk memudahkan proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Purwokerto. Komunikasi yang terjalin harus dapat berjalan secara interaktif dan seimbang antara pendidik dengan peserta didik. Meskipun demikian untuk mampu mengembangkan tujuan instruksional fungsi pendidik haruslah tetap sebagai manajer dalam belajar dimana peserta didik harus lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Proses komunikasi dalam pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran dilaksanakan dalam lima kegiatan yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membuat jejaring atau mengkomunikasikan. Kelima kegiatan tersebut menuntut adanya partisipasi aktif dari semua peserta didik.  UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/936