TY - JOUR AU - Purnomo, Dwi Andi PY - 2015 TI - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW DITINJAU DARI KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 1 PURWOKERTO JF - Widya Komunika; Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA DO - 10.20884/1.wk.2015.5.2.931 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) efektifitas pembelajaran model Jigsaw dan model konvensional dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. (2) efektifitas pembelajaran model Jigsaw dan model konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) pengaruh antara keaktifan belajar siswa dengan  prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yaitu pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan keaktivan dan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Multimedia dan kelas XI  TKJ SMKN 1 Purwokerto.  Analisis data menggunakan uji t independent dan t dependent, serta analisis regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Keaktifan belajar siswa pada kelompok pembelajaran model Jigsaw lebih tinggi dibandingkan kelompok konvensional. (2) Prestasi belajar siswa pada kelompok pembelajaran model Jigsaw lebih tinggi dibandingkan kelompok konvensional. (3) Keaktifan belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap  prestasi belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian yaitu: (1) Pembelajaran model Jigsaw diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pada materi lainnya agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.  (2) Sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan cara mengikutkan guru dalam pelatihan atau workshop. (3) Guru meningkatkan kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran model Jigsaw seperti dalam membagi siswa dalam kelompok dan mendorong setiap siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/931