TY - JOUR AU - Pracoyo, Bangun PY - 2015/12/01 TI - Meningkatkan Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah melalui Focussed Group Discussion di Sekolah Binaan Pengawas SMP Kabupaten Purbalingga pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 JF - Widya Komunika; Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKADO - 10.20884/1.wk.2015.5.2.929 KW - N2 - Penelitian dilakukan selama tiga bulan sejak Juni sampai Agustus 2015 bagi Kepala SMP yang terletak di wilayah Kabupaten Purbalingga dengan tujuan untuk meningkatkan hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif. Kegiatan Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri atas 2 (dua) siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri atas Perencanaan (Planning),Pelaksanaan Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Pada Siklus I, pembinaan dengan Focussed Group Discussion kelompok besar. Pada siklus II, pembinaan dengan Focussed Group Discussion kelompok kecil. Data yang diperoleh berupa hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif yang terdiri atas kondisi awal, data siklus I, dan data siklus II. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kondisi awal, data siklus I, dan data siklus II. Sebelum dilakukan pembinaan dengan Focussed Group Discussion, hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif sebesar 75,89. Pada siklus I nilai rata-ratanya 82,13 dan pada siklus II nilai rata-ratanya 89,45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara teoritik maupun secara empirik, melalui pembinaan dengan Focussed Group Discussion bagi Kepala SMP Binaan Pengawas di Kabupaten Purbalingga pada semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/929