TY - JOUR AU - Rahyunanto, Setyo AU - Hariadi, Sunarru Samsi AU - Witjaksono, Roso PY - 2020 TI - PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PERILAKU PETANI PADI DALAM MENINDAKLANJUTI KEGIATAN PENYULUHAN DI KABUPATEN MAGELANG JF - Widya Komunika; Vol 10 No 2 (2020): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA DO - 10.20884/1.wk.2020.10.2.3352 KW - N2 - Penyuluh sebagai narasumber dalam menyampaikan informasi harus mampu melaksanakan peran tersebut kepada petani yang memiliki keterbatasan dalam mengakses informasi pertanian. Adanya perubahan lingkungan strategis (desentralisasi, demokratisasi, isu globalisasi dan pembangunan berkelanjutan), dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator, edukator, mediator, motivator, tidak semua penyuluh menyediakan waktu yang cukup untuk berkoordinasi dengan petani sebab seorang penyuluh harus mendampingi lebih dari 1 desa. Penyuluh bertugas mendampingi petani untuk mengadopsi informasi, teknologi inovasi yang disampaikan pada saat penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap perubahan perilaku petani dalam menindaklanjuti kegiatan penyuluhan pertanian. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh terhadap petani dalam menindaklanjuti kegiatan penyuluhan menyebabkan beberapa hal, yaitu keaktifan proses produksi jarang dilakukan oleh petani, keaktifan peningkatan usaha, keaktifan proses belajar dan keaktifan kerja sama masih kadang-kadang dilakukan. Dalam pemasaran produk hasil pertanian, rata-rata petani menjual kepada pembeli tetap dalam bentuk tebasan atau produk mentah, sementara dalam kegiatan proses produksi mulai dari pasca panen, sortasi, grading, pengemasan dan pemasaran produk jadi masih jarang dilakukan. Rekomendasi dari hasil penelitian adalah strategi penyuluhan dengan fokus meningkatkan kerjasama dan menjaring kemitraan antara petani dengan pelaku usaha, pelatihan pengolahan produk olahan hasil pertanian untuk meningkatkan nilai ekonomi dan pendapatan petani beserta keluarganya, pelatihan dan penerapan digital marketing/pemasaran online. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/3352