%A Marundha, Ainy Sucianti %A Angeliqa, Fitria %D 2020 %T VISUALISASI CONTENT APPEALING TO YOUTH DALAM REPRESENTASI MINUMAN BERALKOHOL (STUDI KASUS: @ANGGUR_OT) %K %X Data survei SDKI pada tahun 2017 menyatakan bahwa konsumsi alkohol pada usia remaja 15-19 tahun, pada remaja pria mencapai 70% dan 50% pada remaja wanita. Media sosial merupakan platform media baru yang terbuka bagi khalayak. Media sosial Instagram dimanfaatkan brand minuman beralkohol sebagai platform periklanan. Salah satunya yang memanfaatkan Instagram adalah brand Anggur Orang Tua yang sudah ada sejak tahun 1984 di Indonesia. Pemanfaatan media sosial Instagram oleh brand Anggur Orang Tua menayangkan representasi melalui tanda-tanda gambar dan teks narasi pada unggahan. Tanda-tanda yang menghasilkan makna dan representasi pada unggahan Instagram Anggur Orang Tua dianalisis dengan semiotika Roland Barthes. Melalui analisis semiotika Roland Barthes, operasionalisasi kode content appealing to youth dianalisa keberadaannya pada unggahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasionalisasi kode content appealing to youth ditemukan pada unggahan dan brand merepresentasikan minuman beralkohol dengan representasi positif sebagai teman, juga orang tua melalui unggahan Instagram.   Kata Kunci: Representasi, Content appealing to youth , Remaja, Minuman beralkohol %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/3254 %J Widya Komunika %0 Journal Article %R 10.20884/1.wk.2020.10.2.3254 %P 46-62%V 10 %N 2 %@ 2686-1968 %8 2020-11-16