%A Sari, Afrina %D 2018 %T POLA INTERVENSI PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEPADA PELAJAR MELALUI KOMUNIKASI INTERAKSIONAL BERSUMBER PADA SIMBOL %K %X Remaja dalam usia yang sangat rentan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan. Terutama lingkungan peer group pertemanan. Banyak peristiwa yang terkait remaja disajikan dalam berita menjelaskan adanya kenakalan dalam perkelahian antar pelajar. Pola Intervensi Pendidikan diduga dapat membantu untuk membina pelajar untuk lebih berkreativitas kepada hal- hal yang positif. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksional Simbol dari Goerge Herbert Mead sebagai dasar analisisnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer wawancara dengan guru dan siswa pada 2 sekolah Menegah Atas di kota Bekasi. Analisis data menggunakan trianggulasi data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pola Intervensi pendidikan yang dilakukan guru pengajar dan guru Pembina pada SMA di Kota Bekasi berorientasi pada tanggungjawab, berorientasi pada prestasi, dan berorientasi pada kreativitas. Komunikasi interaksional diterapkan dalam pengembangan kurikulum dan pada pelaksanaan mata pelajaran. Komunikasi interaksional dilaksanakan dalam proses pembelajaran, proses kegiatan, dan proses pelaksanaan tugas. Dikembangkan dengan menggunakan simbol verbal dengan kata-kata yang bersifat memotivasi. Pola pembinaan yang dilakukan oleh guru pengajar dan guru pembina kegiatan dilakukan untuk mengembangkan sikap keterbukaan, pengelolan emosi, dan sikap optimis. Itu semua dilakukan dengan menekankan sikap disiplin dan sikap bertanggungjawab pada siswa. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1410 %J Widya Komunika %0 Journal Article %R 10.20884/1.wk.2018.8.2.1410 %P 117-133%V 8 %N 2 %@ 2686-1968 %8 2018-10-01