%A Hayat, Muzahid Akbar %D 2018 %T ADAPTASI KOMUNIKASI GURU ASING MENGHADAPI PERBEDAAN BUDAYA DI SEKOLAH INTERNASIONAL %K %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman adaptasi komunikasi tenaga pengajar asing selama menjalankan tugas pembelajaran di Indonesia. Fokusnya adalah eksplorasi atas pengalaman adaptasi komunikasi guru asing di sekolah Internasional Menengah Atas Jakarta. Dinamika interaksi yang melibatkan negosiasi, percakapan tatap muka, situasi dan konteks percakapan, kiat-kiat adaptasi komunikasi yang di dalamya terdapat tantangan, kesulitan- kesulitan bahkan mungkin terjadi kegagalan komunikasi yang berujung pada penolakan secara sosial sampai dengan dapat diterimanya guru asing. Untuk memahami pengalaman adaptasi komunikasi guru asing peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan fenomenologi deskritif. Fenomena tersebut dianalisi dengan menggunakan penggabungan dua metode analisis antara lain analisis yang dikembangkan oleh Rossman dan Marshall (2006) dan Intepretive Phenomenological Analysis (IPA) oleh Smith. Terdapat 10 guru asing yang dipilih secara purposeful sampling dengan kriteria: guru asing yang mengajar minimal satu tahun di sekolah Internasional Menengah Atas Jakarta. Hasil penelitian ini memperlihatkan sejumlah guru asing menjelaskan terdapat “culture problem” saat bertemu dengan perbedaan budaya. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1407 %J Widya Komunika %0 Journal Article %R 10.20884/1.wk.2018.8.2.1407 %P 76-86%V 8 %N 2 %@ 2686-1968 %8 2018-10-01