%A Kartikawati,, Dwi %A Radjagukguk, Djudjur Luciana %A Sriwartini, Yayu %D 2018 %T PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR INKLUSI DI YOGYAKARTA DAN SURAKARTA %K %X Sekolah merupakan tempat untuk menanamkan nilai-nilai multikultural yang dilakukan dengan melalui komunikasi pendidikan, sehingga diharapkan dapat menciptakan pendidikan yang dapat memberikan keharmonisan dalam menghadapi perbedaan. Pendidikan dengan basis multikultural memperjuangkan pluralisme agama, ras, etnis dan lain-lain, dan juga dalam hal perbedaan kemampuan (difable) Sekolah inklusi adalah sekolah reguler yang pelaksanaannya digabung dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan di dua sekolah dasar yaitu SD Trirenggo Bantul Yogyakarta dan SD AL Firdaus Surakarta. Permasalahan yang diangkat dalam riset ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai multikultural melalui komunikasi pendidikan di Sekolah Dasar Inklusi di SD Trirenggo Bantul Yogyakarta dan SD Al Firdaus Surakarta. Kerangka teoritis yang digunakan adalah komunikasi pendidikan, konsep nilai-nilai multikultural, layanan pendidikan sekolah inklusi, Teori Rhetorical Sensitivity. Penelitian ini berangkat dari pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data wawancara mendalam, observasi lapangan di kedua sekolah dasar serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai- nilai multikultural melalui komunikasi pendidikan di kedua sekolah dasar inklusi tersebut mendasarkan diri empat kategori nilai mutikultural yaitu nilai pluralisme, humanisme, demokrasi dan keadilan. Pada metode dan prosesnya melibatkan unsur-unsur dalam dalam komunikasi pendidikanyaitu komunikator, komunikan, pesan, media, efek dan lingkungan. Sehingga pada akhirnya penanaman nilai-nilai multikultural melalui komunikasi pendidikan di kedua sekolah tersebut, menciptakan penyelenggaraan pendidikan yang mampu menghargai keragaman. %U http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1406 %J Widya Komunika %0 Journal Article %R 10.20884/1.wk.2018.8.2.1406 %P 58-75%V 8 %N 2 %@ 2686-1968 %8 2018-10-01