TY - JOUR AU - Setianti, Yanti AU - Hafiar, Hanny AU - Damayanti, Trie AU - Nugraha, Aat Ruchiat PY - 2018 TI - PERILAKU KOMUNIKASI PENDIDIKAN MELALUI PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH BAGI GURU SLB/SMA SEDERAJAT JF - Widya Komunika; Vol 8 No 2 (2018): WIDYA KOMUNIKA - JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN DO - 10.20884/1.wk.2018.8.2.1400 KW - N2 - Peningkatan angka partisipasi guru dalam pemerataan kualitas pendidikan dapat menjadi perantara dalam mewujudkan kecerdasan anak bangsa. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang berbasiskan teknologi dan outcome publikasi, insan pendidik kini diwajibkan untuk membuat tulisan ilmiah yang dapat terpublikasi dalam jurnal ilmiah. Di sisi lain, posisi guru sebagai ujung tombak penyebar nilai-nilai pendidikan formal di lingkungan sekolah pada umumnya masih kurang optimal dalam menulis karya ilmiah yang terpublikasikan di jurnal ilmiah. Keadaan ini diakibatkan oleh kurangnya informasi mengenai teknik penulisan karya ilmiah yang didapatkan oleh para guru. Bentuk kekurangan ini dapat menjadikan suatu perilaku komunikasi pendidikan pada tingkat guru dalam penulisan karya ilmiah yang masih dianggap sebagai pengetahuan yang bersifat tambahan. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan jenis studi kualitatif deskriptif dengan informan adalah para guru SMAN 1 Subang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sikap dan perilaku komunikasi pendidikan para guru dalam budaya menulis artikel ilmiah masih rendah yang ditunjukkan oleh sebagian besar para guru kurang memiliki kepentingan untuk mau menulis karya ilmiah dengan baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku komunikasi pendidikan di para guru SMAN 1 Subang perlu ditingkatkan melalui intensifitas pendampingan penulisan karya ilmiah yang dilakuka secara terstruktur. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1400