TY - JOUR AU - Parhusip, Kartika AU - Haloho, Heppy PY - 2018 TI - POLA KOMUNIKASI TUTOR DAN SISWA MELALUI WHATSAPP DALAM PROGRAM RUANGGURU DIGITALBOOTCAMP PAKET C JF - Widya Komunika; Vol 8 No 2 (2018): WIDYA KOMUNIKA - JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN DO - 10.20884/1.wk.2018.8.2.1399 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antara tutor dan siswa dalam Program Ruangguru Digitalbootcamp Paket C. Ruangguru Digitalbootcamp Paket C merupakan produk pendidikan yang menggunakan Whatsapp sebagai media pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan Whatsapp merupakan inovasi dalam dunia pendidikan. Sasaran siswa yang dituju dalam program ini adalah siswa yang drop-out dan sedang belajar untuk ujian kesetaraan Paket C. Program ini sangat memudahkan juga bagi para siswa sebagai alternatif bagi mereka yang memiliki waktu yang terbatas untuk mengikuti bimbingan belajar yang biasa atau konvensional yang telah diketahui selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi literatur. Pengamatan dilakukan pada komunikasi yang terjalin antara tutor dan siswa dalam program Ruangguru Digitalbootcamp Paket C. Kemudian dilakukan wawancara terhadap tutor, siswa, dan tim ruangguru untuk menggali informasi yang terkait dengan program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam program Ruangguru Digitalboothcamp Paket C adalah pola komunikasi bintang. Pembelajaran di Ruangguru Digitalbootcamp Paket C menerapkan student centered learning. Tutor memberikan stimulus-stimulus agar siswa aktif dalam menggali materi belajar. Partisipasi di Ruangguru Digitalbootcamp Paket C ini dapat terlihat dari siswa yang memanfaatkan menggunakan fasilitas belajar yang telah disediakan oleh Ruangguru secara mandiri. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1399