Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, maupun sedang dalam peninjuan untuk dipublikasikan dalam jurnal lain.

    The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • File dalam format Microsoft Word, OpenOffice, atau RTF.

    The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Bila ada, URL tautan untuk rujukan mohon disertakan.

    Where available, URLs for the references have been provided.
  • Naskah dalam spasi satu; ukuran font 12; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali alamat URL); dan seluruh ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan di dalam naskah pada tempat yang semestinya, bukan di akhir naskah.

    The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • Naskah mengikuti ketentuan style dan cara perujukan yang digariskan dalam Petunjuk Penulisan.

    The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Struktur Artikel

Harap ikuti urutan penyajian berikut: Judul artikel, Penulis, Afiliasi, Abstrak, kata-kata kunci, Teks utama, Ucapan terima kasih, Lampiran, Pustaka, Keterangan gambar, Tabel, Penulis korespondensi. Nama, Alamat lengkap, telepon dan nomor fax, dan alamat e-mail penulis korespondensi harus diberikan di halaman pertama manuskrip.

Penggunaan software pengolah kata 

Apapun format file pada pengajuan naskah asli, pada saat revisi hendaknya kami diberi file editable seluruh keseluruhan artikel. Pastikan agar layout  teks sesederhana mungkin. Kode pemformatan akan dihapuskan dan diganti pada saat pemrosesan artikel. Teks elektronik hendaknya disiapkan dengan cara yang serupa dengan manuskrip konvensional (lihat juga Petunjuk Publikasi bersama Elsevier). Lihat juga bagian mengenai karya Elektronik. Untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu sangat disarankan agar menggunakan fungsi “spell-check” dan “grammar-check”  pengolah kata.

Pembagian subbab bernomor
Bagilah artikel anda ke dalam subbab bernomor yang terdefinisi jelas. Subbab harus diberi nomor 1.1 (selanjutnya 1.1.1, 1.1.2, …), 1.2, dst. (abstrak tidak disertakan dalam penomoran subbab) Gunakan penomoran ini untuk rujuk-silang internal; jangan hanya merujuk  pada ‘teks’. Setiap subbab  dapat diberi judul singkat. Setiap judul harus muncul pada garis terpisah.

Pendahuluan 
Nyatakan tujuak tulisan dan berikan latarbelakang yang cukup, dengan menghindari survey literature yang detail atau ringkasan hasil.

Bahan dan Metode
Berikanlah detail yang cukup agar penelitian dapat direproduksi.  Metode yang sudah dipublikasikan garus dinyatakan dengan rujukan: hanya modifikasi terkait yang dijelaskan.

Teori/perhitungan

Pasal teori hendaknya memperpanjang, bukan mengulang, latar belakang artikel yang sudah diulas di dalam pendahuluan dan meletakkan landasan untuk penelitian lebih lanjut.  Di lain pihak, subbab perhitungan merupakan pengembangan praktis dari dasar teori.

Hasil

Hasil hendaknya jelas dan ringkas.

Pembahasan

Pasal ini menguraikan nilai penting hasil penelitian, bukan mengulangi Hasil.  Seringkali lebih tepat bila Hasil dan Pembahasan digabungkan. Hindari perujukan dan pembahasan karya tulis publikasi yang berlebihan.

Kesimpulan

Kesimpulan-kesimpulan utama kajian dapat disajikan dalam sebuah pasal Kesimpulan, yang bisa berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Pembahasan atau Hasil dan Pembahasan.

Informasi penting halaman judul

  • Singkat dan informative. Judul seringkali digunakan dalam sistem pengumpulan Informasi. Hindari singkatan dan rumus bila mungkin.
  • Nama Penulis dan afiliasi. Harap secara jelas menuliskan nama dan nama belakang setiap penulis dan memastikan bahwa semua nama dieja dengan benar. Berikan alamat afialiasi penulis (tempat penelitian dilakukan) di bawah nama. Tuliskan seluruh afiliasi dengan huruf kecil superscript sesudah nama penulis di depan alamat. Berikan alamat pos lengkap setiap afiliasi, termasuk nama negara dan alamat email, bila ada, setiap penulis.
  • Penulis koresponden. Nyatakan secara jelas siapa yang akan menangani korespondensi pada seluruh tahap penelaahan dan penerbitan, demikian pula pascapenerbitan. Pastikan bahwa alamat email diberikan oleh penulis koresponden dan detail kontaknya mutakhir.
  • Alamat sekarang/tetap. Jika penulis sudah pindah sesudah penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini selesai, atau sekadar berkunjung, `Alamat sekarang’ (atau `Alamat tetap’) bias dinyatakan sebagai catatan kaki nama penulis yang bersangkutan. Alamat tempat penulis melakukan penelitian harus tetap ditulis sebagai alamat afiliasi yang utama. Angka superscript digunakan untuk catatan kaki seperti itu.

Abstrak

Abstrak yang ringkas dan faktual harus ada. Abstrak hendaknya menyatakan secara singkat tujuan penelitian, hasil-hasil utama dan kesimpulan penting. Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, Rujukan harus dihindari, namun bila sangat penting, rujuk nama dan tahun. Demikian pula, singkatan yang tidak standar atau tidak biasa harus dihindari, namun bila sangat penting harus didefinisikan sesudah disebutkan pertama kali dalam abstrak. Abstrak hendaknya kurang dari 100 kata.

Highlight

Highlight/sorotan menjadi hal yang wajib dalam jurnal ini.  Sorotan terdiri dari kumpulan poin-poin penting dalam bentuk bullet yang menyampaikan inti temuan pada artikel, dan harus diserahkan dalam file yang dapat diedit secara terpisah dalam sistem pendaftaran online.  Silakan gunakan nama file 'Highlights' dan sertakan 3 sampai 5 butir poin (maksimum 85 karakter termasuk spasi per poin). Contoh Highlights dapat dilihat pada situs jurnal kami.

Kata kunci

Setelah penulisan abstrak, tuliskan maksimum 6 kata kunci dalam bahasa Indonesia dengan ejaan yang disempurnakan dan hindari istilah penggandaan makna (contoh: kata 'dan', 'dari').  Berhati-hatilah dengan singkatan: hanya singkatan yang telah lazim digunakan yang memenuhi syarat.  Kata kunci ini akan digunakan untuk keperluan pembuatan indeks.

Singkatan

Definisikan singkatan yang tidak lazim dalam suatu bidang dalam catatan kaki untuk ditempatkan pada halaman pertama artikel.  Singkatan yang tidak dapat dihindari untuk masuk dalam abstrak harus didefinisikan pada saat pertama penyebutan dan juga dalam catatan kaki.  Pastikan konsistensi singkatan di seluruh artikel.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih diletakkan di bagian terpisah dari bagian akhir artikel sebelum referensi.  Cantumkan di sini orang-orang yang memberikan bantuan selama penelitian (misalnya memberikan bantuan bahasa, tulisan atau persetujuan akhir naskah artikel yang akan dimuat, dan lain lain).

Memformat sumber pendanaan

Buat daftar sumber pendanaan dengan cara standar ini untuk memfasilitasi pemenuhan persyaratan penyandang dana:

 Pendanaan: Karya ini didukung oleh DRPM [hibah nomor X1X2 tahun YYYY]; Yayasan ZZ, Indonesia [nomor Z1Z2]; dan Institut tempat bekerja [nomor A1A2].

 Di sini tidak perlu menyertakan deskripsi secara rinci tentang program atau jenis hibah dan penghargaan.  Bila dana berasal dari dana block grant atau sumber lain yang tersedia di universitas, atau lembaga penelitian lainnya, sampaikan nama lembaga atau organisasi yang menyediakan dana tersebut.

 Jika tidak ada dana yang disediakan untuk penelitian ini, sertakan kalimat berikut ini:

 Penelitian ini tidak menerima hibah khusus dari lembaga pendanaan manapun.

Formulasi matematika

Persamaanvmatematika ditulis sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Formulasi disajikan secara sederhana, sejajar dengan teks dan gunakant anda ‘/’ sebagai pengganti garis horizontal untuk operator pembagian sederhana, contohnya ‘x/y’. Variabel disajikan miring. Pangkat e lebih baik ditulis dengan ‘exp’. Nomor setiap persamaan disajikan terpisah dari teks (jika disebutkan secara eksplisit dalam teks).

Catatan Kaki

Gunakan catatan kaki seperlunya. Nomor ditulis secara berurutan pada artikel. Dapat pula digunakan model catatan kaki yang ditulis dalam teks. Jika tidak, tunjukkan catatan kaki dalam teks, dengan penjelasannya dituliskan terpisah pada akhir artikel.

Karyaseni elektronik

Hal umum:

  • Pastikan anda menggunakan huruf dan ukuran seragam dari karya asli
  • Sebaiknya menggunakan huruf: Arial (atau Helvetica), Times New Roman (atau Times), Symbol, Courier.
  • Penomoran ilustrasi berdasarkan urutan dalam teks.
  • Gunakan penamaan yang logis dari file karya anda
  • Tunjukkan setiap gambar, apakah gambar tunggal, gambar ukuran 1,5 atau 2 kolom.
  • Jika gambar berukuran lebih besar dari 10 MB, gunakan file terpisah.
  • Petunjuk detail dapat didownload di sini. Kunjungilah bagian ini; karena beberapa petunjuk detail diberikan di sini.

Format

Apapun aplikasi yang digunakan, ketika karya seni selesai, simpan atau konversikan gambar menjadi salah satu dari format berikut (perhatikan resolusi garis, halftone, dan kombinasi keduanya):

EPS (atau PDF): Gambar vector. Tampilkan huruf atau simpan tekss ebagai “grafik”. 
TIFF (atau JPG): Foto berwarna atau keabuan (halftone): gunakan resolusi minimal 300 dpi. 
TIFF (atau JPG): Bitmapped line drawings: gunakan minimal 1000 dpi. 
TIFF (atau JPG): Kombinasi bitmapped line/half-tone (berwarna atau keabuan): dibutuhkan minimal 500 dpi. 

Jangan lakukan: 

  • Menggunakan file yang teroptimasi karena penggunaan layar (contohnya: GIF, BMP, PICT, WPG); resolusinya terlalu rendah. 
  • Menggunakan file dengan resolusi rendah. 
  • Mengirim grafik yang ukurannya tidak proporsional untuk kontennya

Karya seni berwarna

Karya seni dianjurkan berformat: TIFF (atau JPEG), EPS (atau PDF), atau MS Office dan beresolusi tinggi. Gambar berwarna yang disubmit bersama artikel yang telah diterima untuk diterbitkan akan ditampilkan pada jurnal online secara gratis. Adapun jika penulis menginginkan gambar berwarna di artikel dimunculkan pada versi jurnal cetak, maka akan dikenai biaya dan penulis akan diberitahu lebih lanjut besar biayanya. Dengan demikian, penulis diharapkan dapat memilih apakah gambar berwarna ditampilkan di versi online atau cetak.

Keterangan gambar

Setiap gambar ilustrasi harus diberi keterangan gambar. Keterangan gambar terdiri dari judul singkat dan penjelasan. Penjelasan dibuat dalam rangkaian kalimat yang singkat dan padat.

Rujukan

Sitasi di naskah

Semua rujukan yang disitasi di naskah harus ada di daftar pustaka, dan demikian juga sebaliknya. Jika terdapat rujukan di abstrak, maka harus ditulis lengkap. Rujukan berbentuk hasil penelitian yang belum dipublikasikan dan komunikasi pribadi dianjurkan untuk tidak ditulis di daftar pustaka, tetapi dapat dituliskan di dalam naskah. Seandainya akan tetap ditulis di daftar pustaka, maka harus menggunakan style jurnal, serta di bagian tanggal publikasi diganti dengan “unpublished result” atau “personal communication”.

Rujukan dari web

Untuk rujukan yang berasal dari web, cara menulis rujukannya adalah dengan mencantumkan alamat lengkap dari rujukan internet dan tanggal mengakses situs. Selain itu, informasi lain seperti: DOI, nama penulis, tanggal, dan rujukan ke artikel lain perlu dilengkapi. Penulisan daftar rujukan dari web sebaiknya ditulis terpisah dan diberi judul sendiri.

Data rujukan

Data-data selain milik penulis yang ada di artikel harus dinyatakan rujukannya dan dibuatkan daftarnya secara terpisah. Daftar rujukan untuk data-data tersebut harus memuat: nama pemilik data, judul dataset, repositori data, versi data, tahun, dan persistent identifier (PI) (jika ada). Daftar rujukan data-data tersebut harus diletakkan sebelum daftar pustaka.

Daftar Pustaka pada edisi khusus 

Pastikan kata-kata 'edisi ini' ditambahkan ke daftar pustaka (dan kutipan dalam teks) ke artikel lain di dalam Edisi Khusus yang sama.

Perangkat lunak untuk pengaturan Daftar Pustaka 
Sebagian besar jurnal memiliki template daftar pustaka yang tersedia di banyak produk perangkat lunak pengaturan daftar pustaka terpopuler. Template ini mencakup semua produk yang mendukung cara-cara men-sitasi, seperti Mendeley dan Zotero, serta EndNote.Dengan menggunakan plug-in pengolah kata dari produk-produk ini, penulis hanya perlu memilih template jurnal yang sesuai saat menyiapkan artikel mereka, setelah itu kutipan dan bibliografi akan diformat secara otomatis sesuai aturan pada jurnal.Jika belum tersedia template, silahkan ikuti format contoh daftar pustaka dan kutipan seperti yang ditunjukkan dalam Panduan ini.

Para pengguna Mendeley Desktop dapat dengan mudah menginstal cara penulisan daftar pustaka untuk jurnal ini dengan mengklik link berikut: http://open.mendeley.com/use-citation-style/physics-letters-a
Pada saat anda menyiapkan manuskrip, anda dapat memilih cara penulisan daftar pustaka ini menggunakan plug-ins Mendeley pada Microsoft WordatauLibreOffice.

Pengaturan daftar pustaka 

Tidak ada persyaratan ketat dalam pengaturan daftar pustaka pada saat penyerahan manuskrip. Daftar pustaka bisa dalam bentuk atau format apapun asalkan konsisten. Jikamemungkinkan,  nama pengarang, judul jurnal / judul buku, judul bab / judul artikel, tahun publikasi, nomor terbitan / bab pada buku dan nomor halaman harus ada. Penulis juga sangat dianjurkan untuk Penggunaan DOI. Cara penulisan daftar pustaka yang digunakan oleh jurnal ini akan diterapkan pada artikel yang diterima oleh Teras Fisika pada tahap finalisasi. Perhatikan bahwa data yang kurang lengkap akan ditampilkan pada tahap finalisasi untuk dikoreksi oleh penulis. Jika Anda ingin memformat daftar pustaka itu sendiri, maka harus diatur sesuai contoh berikut:

Sumber penyingkatan Jurnal 
Nama jurnal haarus disingkat sesuai dengan List of  Title Word Abbreviations.

Konten Tambahan

Konten tambahan seperti halnya aplikasi, gambar dan potongan suara, dapat ditampilkan dalam artikel anda sebagai pengaya. Konten-konten tambahan yang dikirim akan diterbitkan persis seperti yang kami terima (file Excel atau powerpoint yang tampil secara online). Silahkan kirim konten tambahan anda beserta dengan artikel yang disertai dengan deskripsi singkat dari tiap file yang disertakan. Jika dikehendaki perubahan dari konten tambahan selama proses pengiriman, segera sertakan file perubahannya. Mohon untuk tidak membolak-balik adanya pembetulan pada file sebelumnya. Pastikan untuk menon-aktifkan pilihan “Track Changes” pada file Mircrosoft Word karena ini akan muncul pada versi cetak.

Perujukan Data

Jika anda menyajikan data riset di dalam repositori data, artikel anda dapat langsung dihubungkan ke kumpulan data. 

Ada beberapa cara untuk merujuk database ke artikel anda. Saat tersedia, anda dapat secara langsung menghubungkan ke kumpulan data pada artikel anda dengan menyediakan informasi relevan di dalam sistem pengiriman. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi database linking page.