PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI MELALUI TEKNIK STUDI-ANALISIS-DAMPAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PENYIMPANGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PURWOKERTO

  • Nopidha Ardyansah SMP Negeri 7 Purwokerto

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis penyimpangan sosial, sebanyak 21 orang (60%) peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 7 Purwokerto mengalami kesulitan menganalisis penyimpangan sosial. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS serta untuk mengetahui peningkatan peserta didik dalam menganalisis penyimpangan sosial melalui pembelajaran dengan teknik “SAD” pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 7 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik “SAD” dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan menganalisis penyimpangan sosial peserta didik dalam berbagai aktivitas belajar. Penerapan pembelajaran IPS dengan Teknik “SAD” materi pranata dan penyimpangan sosial berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan tes akhir siklus II. Kemampuan siswa dalam merasionalkan nilai positif yang dapat ‘dipetik’ dari hasil analisis kasus penyimpangan sosial pada siklus II juga meningkat, yaitu mencapai 80%. Peserta didik dapat memberikan respon positif dalam berbagai aktivitas belajar melalui diskusi kelompok dengan tingkat partisipasi mencapai 77, 1%. Dengan tercapainya ketiga indikator kinerja yang telah ditentukan, maka siklus penelitian tindakan kelas ini dihentikan.

Published
2021-10-20
How to Cite
ARDYANSAH, Nopidha. PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI MELALUI TEKNIK STUDI-ANALISIS-DAMPAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PENYIMPANGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PURWOKERTO. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 10-31, oct. 2021. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/4149>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v3i2.4149.
Section
Articles