TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes)

Main Article Content

Anies Indah Hariyanti

Abstract

Penelitian ini memfokuskan perhatian pada penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada Desa Adisana dan Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa dalam pengelolaan APBDes. Penelitian ini dilakukan karena pemerintah desa masih mengalami kendala dalam hal keterbukaan dan pelaporan pertanggungjawaban APBDes.


Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu Pemerintah Desa, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), BPD serta masyarakat yang dianggap dapat mewakili unit penelitian dalam APBDes, teknik pengumpulan datanya yaitu observasi terus-terang atau tersamar, wawancara semi terstruktur, dokumentasi, triangulasi sumber, triangualsi teknik dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi data (conclusion).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan kegiatan APBDes sudah menunjukkan adanya pengelolaan yang transparan dan akuntabel, walaupun masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Sedangkan dalam pertanggungjawaban dilihat secara hasil fisik sudah menunjukkan pelaksanaan yang akuntabel dan transparan, namun dari sisi administrasi masih diperlukan adanya pembinaan lebih lanjut, karena belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan. Kendala utamanya adalah belum efektifnya pembinaan aparat pemerintahan desa dan kompetensi sumber daya manusia, sehingga masih memerlukan pendampingan dari aparat Pemerintah Daerah secara berkelanjutan.


 

Article Details

How to Cite
HARIYANTI, Anies Indah. TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes). SAR (Soedirman Accounting Review) : Journal of Accounting and Business, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 199 – 222, dec. 2017. ISSN 2598-0718. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sar/article/view/704>. Date accessed: 23 may 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.sar.2017.2.2.704.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.