Book Tax Difference dan Volatilitas Arus Kas terhadap Persistensi Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi

Main Article Content

Nastya Chila Zarabiyu Jasman Jasman

Abstract

Abstrak


Tujuan dari studi ini adalah melakukan identifikasi pengaruh book tax difference (permanent dan temporary difference), ukuran perusahaan dan volatilitas arus kas atas persistensi laba. Populasi studi ini terdiri dari 49 industri pertambangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 sampai dengan 2019. Metode sampling yang digunakan yakni purposive sampling method. Sesuai purposive sampling method pada pemilihan sampel data, terpilih 23 sampel data dari industri pertambangan. Penelitian ini menggunakan moderated regression analysis. Adapun hasil studi ini menunjukkan bahwasanya variabel Permanent difference (PD), Temporary difference (TD) dan Volatilitas arus kas (VAK) memberikan dampak yang berarti untuk persistensi laba (PL). Selain itu, ukuran perusahaan memperkuat pengaruh positif dari temporary difference (TD) dan ukuran perusahaan memperkuat pengaruh negatif dari volatilitas arus kas (VAK). Namun demikian, tidak terbukti bahwa ukuran perusahaan berperan memoderasi pengaruh permanent difference (PD) terhadap persistensi laba.

Article Details

How to Cite
ZARABIYU, Nastya Chila; JASMAN, Jasman. Book Tax Difference dan Volatilitas Arus Kas terhadap Persistensi Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. SAR (Soedirman Accounting Review) : Journal of Accounting and Business, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-12, june 2022. ISSN 2598-0718. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sar/article/view/5758>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/1.sar.2022.7.1.5758.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.