Pengaruh Kompetensi, Independensi, Profesionalisme dan Kepatuhan Pada Kode Etik Auditor Investigatif Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Prosedur Audit Dalam Pembuktian Fraud ( Kecurangan ) (Studi Kasus pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah)

Main Article Content

Achmad Zulfikar Fauzi Halim Dedy Perdana Sulardi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi, profesionalisme dan kepatuhan pada kode etik auditor investigatif terhadap efektifitas pelaksanaan prosedur audit dalam pembuktian fraud (kecurangan). Semua variabel diukur menggunakan daftar pertanyaan/kuisioner yang dibagikan ke sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan tekhnik random sampling. Peneliti menyebarkan 50 kuisioner kepada auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jateng, sedangkan jumlah kuisioner yang memenuhi kriteria sebanyak 42 eksemplar. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa kompetensi, independensi, profesionalisme dan kepatuhan pada kode etik auditor investigatif berpengaruh positif terhadap efektifitas pelaksanaan prosedur audit dalam pembuktian fraud. Kepatuhan pada kode etik memiliki tingkat signigikansi yang paling tinggi dibandingkan tiga variabel lainya.

Article Details

How to Cite
FAUZI, Achmad Zulfikar; PERDANA, Halim Dedy; ., Sulardi. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Profesionalisme dan Kepatuhan Pada Kode Etik Auditor Investigatif Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Prosedur Audit Dalam Pembuktian Fraud ( Kecurangan ). SAR (Soedirman Accounting Review) : Journal of Accounting and Business, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 53-72, june 2017. ISSN 2598-0718. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sar/article/view/403>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sar.2017.2.1.403.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.