Pembuatan Interactive Resistor Breadboard untuk Pembelajaran Materi Listrik Dinamis Mata Pelajaran IPA SMP

  • Wihantoro Wihantoro Fisika UNSOED
  • Aris Haryadi FIsika UNSOED
  • Sehah Sehah FIsika UNSOED

Abstract

Abstrak – Tingkat pemahaman siswa lebih efektif terhadap sebuah topik pembelajaran dengan disertakan alat peraga kelas. Peran guru dalam menerjemahkan sebuah topik pembelajaran menjadi sebuah alat peraga adalah hal yang sangat penting. Sebuah Interactive Resistor Breadboard (IRB) sebagai alat peraga topik listrik dinamis telah berhasil didesain, dibuat, dan disosialisasikan di depan pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP/MTs di Kota Purwokerto. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan serta panduan praktis pembuatan IRB telah dipaparkan. Target utama kegiatan ini adalah meningkatnya ketrampilan siswa dalam menghitung nilai resistansi total berbagai kombinasi rangkaian resistor. Pada IRB ini disertakan juga metode pembuktian berlakunya hukum Ohm dalam sebuah rangkaian resistor tertutup. Sosialisasi dan pelatihan pembuatan IRB telah dilakukan di hadapan 32 guru-guru SMP yang tergabung dalam MGMP IPA Rayon I Kota Purwokerto. Pemantauan respon peserta terhadap kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan menggunakan kuisioner secara online. Rekapitulasi hasil isian kuisioner menunjukkan bahwa 83% peserta menyatakan dapat membuat sendiri IRB di sekolahnya, 88% peserta menyatakan IRB relevan dengan materi pembelajaran listrik dinamis, dan 90% peserta menyatakan perlu pembuatan alat peraga untuk materi pelajaran lainnya.


Kata kunci: interactive resistor breadboard, hukum Ohm, MGMP Kota Purwokerto.

Published
2021-12-02
How to Cite
WIHANTORO, Wihantoro; HARYADI, Aris; SEHAH, Sehah. Pembuatan Interactive Resistor Breadboard untuk Pembelajaran Materi Listrik Dinamis Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 94-98, dec. 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/4782>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.02.4782.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.