Pembuatan dan Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai Penerangan Jalan di Desa Plana, Somagede, Banyumas

  • hartono hartono hartono universitas jenderal soedirman

Abstract

Penerangan jalan merupakan salah satu penunjang sarana transportasi yang cukup penting. Salah satu jalur perekonomian alternatif di desa Plana Somagede adalah keberadaan jembatan gantung yang menghubungkan desa Plana dengan desa Pelumutan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Aktivitas di jalur ini tidak hanya pada siang hari namun sampai waktu malam hari. Jalur ini belum dilengkapi penerangan jalan karena tidak terlewati jalur listrik PLN. Penerangan jalan sangat dibutuhkan agar masyarakat merasa nyaman dan aman. Solusi yang ditawarkan oleh tim PKM adalah pemasangan penerangan jalan berbasis listrik tenaga surya (PLTS). Listrik tenaga surya merupakan teknologi pembangkitan listrik yang tidak membutuhkan biaya operasional. Teknologi PLTS merupakan pemanfaatan energi baru dan terbarukan sebagai pembangkit listrik alternatif. Penggunaan PLTS sangat aman dan ramah terhadap lingkungan. Penerangan di jembatan gantung berhasil terpasang sebanyak 5 titik, sehingga sangat membantu masyarakat yang melakukan aktivitas di malam hari. Sosialisasi terkait dengan PLTS, instalasi dan perawatan dilakukan melalui pembagian makalah kepada sebagian warga masyarakat. Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara daring melalui pengisian google formulir yang dibagikan melalui whatsapp.

Published
2021-06-08
How to Cite
HARTONO, hartono hartono. Pembuatan dan Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai Penerangan Jalan di Desa Plana, Somagede, Banyumas. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 62 - 66, june 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/4158>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.01.4158.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.